Teater FU, BERITA UIN Online— Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Jakarta mendorong mahasiswa mentradisikan kegiatan menulis artikel untuk kolom opini media massa maupun artikel terpublikasi jurnal akademik. Hal ini dilakukan guna mendorong kembali aktifitas menulis sebagai tradisi ilmiah di lingkungan Fakultas Ushuluddin. FU sendiri merevitalisasi Jurnal Gong guna memfasilitasi tradisi menulis mahasiswanya.

Demikian disampaikan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FU Dr. Media Zainul Bahri di sela-sela rapat semester dosen FU di Ruang Teater AR Partosentono, Senin (26/8/2019). “Kami, pimpinan fakultas mendorong mahasiswa untuk aktif menulis, mengkontrusikan gagasannya dalam tulisan ilmiah. Jadi silahkan menulis,” katanya.

Tulisan, sambung Media, bisa berupa ulasan kehidupan sosial keagamaan maupun tema-tema aktual yang diminati. Selain artikel opini, mahasiswa juga bisa menulisnya dalam bentuk resensi buku maupun karya tulis lainnya. “Kita akan apresiasi mahasiswa yang bisa menulis dan mempublikasikannya, apakah di media massa nasional atau pun lokal,” katanya lagi.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa FU program sarana maupun pascasarjana juga bisa menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah maupun konferensi ilmiah nasional-internasional. Bahkan untuk mewadahi ini, FU UIN Jakarta mulai tahun ini sendiri siap menerbitkan jurnal ilmiah mahasiswa FU, Jurnal Gong.

“Pada periode 1990-an, jurnal ini merupakan jurnal akademik kebanggaan mahasiswa UIN Jakarta. Kita hidupkan kembali. Tahun ini satu kali, tahun depan Insya Alloh terbit dua kali,” paparnya lagi.

Tradisi menulis, papar Media, merupakan distingsi mahasiswa FU dengan fakultas lainnya. Diketahui, beberapa penulis produktif nasional seperti Prof. Komaruddin Hidayat, Prof Bakhtiar Effendi, Dr. Saiful Mujani, dan Dr Burhanuddin Muhtadi merupakan deretan ilmuwan alumni FU yang lahir dari tradisi menulis sejak mahasiswa. (zm)

Share This