Bandung, BERITA UIN Online— Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA menekankan agar setiap program dan unit kerja di lingkungan UIN Jakarta mengedepankan value atau tata nilai. Menurutnya, tata nilai diperlukan sebagai basis yang melandasi di balik program kerja maupun layanan yang dilakukan setiap unit.

Demikian disampaikan Rektor dalam paparan arah kebijakan Rektor dalam Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) UIN Jakarta tahun 2019 di Bandung, Sabtu (30/3/2019). Rakerpim bertema Penguatan Manajemen UIN Jakarta Melalui Pendekatan Good University Governance dihadiri para pimpinan rektorat, fakultas, dan lembaga. “Dalam setiap TOR (term of reference, red.) yang diajukan ke rektor, misalnya. Harus ada tata nilainya,” tandasnya.

Tata nilai, sambungnya, harus menjadi landasan setiap program kerja yang diajukan masing-masing unit. Selain itu, setiap unit juga perlu memiliki tata nilai. Tata nilai inilah yang mendasari pelaksanaan program kerjas sekaligus layanan yang dilakukan tiap unit.

Rektor mencontohkan, tata nilai yang bisa disarikan dari pelayanan administrasi misalnya kebersihan, kesejahteraan, profesionalitas, efisiensi, dan efektivitas. Sedang pada publikasi dan informasi, tata nilainya bisa berupa keterbukaan, profesionalitas, etika Islami, dan prestasi.

“Untuk masing-masing unit, tata nilainya juga harus mencerminkan kekhasannya. Itu nanti yang ingin saya temukan di laporan akhir unit masing-masing di akhir tahun nanti,” tambahnya.

Di saat yang sama, Rektor menambahkan, tata nilai kelembagaan UIN Jakarta yang harus disadari oleh seluruh sivitas akademik antara lain yaitu kejujuran, keadilan, profesionalitas, takut atau takwa kepada Allah SWT, moderasi beragama, kesejahteraan, dan pengembangan. Tata nilai kejujuran, jelasnya, menjadi pedoman setiap sivitas untuk bekerja dengan penuh integritas.

Tata nilai profesionalitas bisa dilakukan dalam bentuk kesungguhan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Sedang moderasi beragama dilakukan dengan ketaatan menjalankan ajaran agama, toleransi terhadap umat agama lain, dan mencintai sekaligus memelihara keutuhan NKRI. “Inilah tata nilai UIN Jakarta yang ingin tekankan di lingkungan UIN Jakarta,” tambahnya. (lrf/zae)

Share This