Ruang Diorama, BERITA UIN Online— Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis menyampaikan program kerja sepanjang tahun 2021 ke senat universitas. Rektor optimis, berbekal dukungan seluruh elemen kampus, universitas dapat merealisasikan program kerja yang ditarget sehingga mengerek prestasi UIN Jakarta meningkat lebih tinggi lagi.

Penyampaian laporan kerja dilakukan dalam Rapat Pleno Senat Universitas UIN Jakarta di Ruang Diorama, Rabu (31/3/2021). Selain dihadiri para pimpinan rektorat, sidang juga dihadiri pimpinan dan anggota senat universitas.

Rektor menjelaskan, sepanjang tahun ini UIN Jakarta menargetkan realisasi sejumlah program sesuai rencana strategis universitas. Sebelumnya, berbagai program ini telah dibahas detail dalam dalam rapat kerja pimpinan pada 8-10 Maret lalu.

“Ada enam strategi besar yang merangkum prioritas program kerja di 2021 yang akan jadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Keenamnya, sambungnya, adalah internasionalisasi kampus, peningkatan publikasi dan hak kekayaan intelektual, optimalisasi aset dan pengembangan bisnis. Lainnya, transformasi sistem informasi, optimalisasi peran mahasiswa dan alumni, dan pengembangan sumber daya manusia UIN Jakarta.

Pada internasionalisasi kampus, jelasnya, UIN Jakarta harus mengoptimalkan penyelenggaraan program pascasarjana sehingga bisa menarik minat studi mahasiswa mancanegara. Penguatan kemitraan lembaga dan perguruan tinggi dunia, optimalisasi layanan mahasiswa dan dosen asing, akreditasi internasional, dan kelas bilingual juga masuk bagian ini.

“Lainnya, benchmarking perguruan tinggi internasional. Ini penting agar kita memiliki model pengembangan akademik tinggi berorientasi global,” tambahnya.

Dalam meningkatkan publikasi dan hak kekayaan intelektual, UIN Jakarta menargetkan realisasi sejumlah program yang ditarget mengerek prestasi akademik sivitas. Diantaranya pembentukan pusat layanan publikasi ilmiah, revitalisasi UIN Press, dan hilirisasi produk riset UIN Jakarta.

Rektor optimistis, berbagai target bisa direalisasikan berkaca pada pencapaian sepanjang tahun sebelumnya. Selain kinerja pembiayaan, kerjasama, dan akademik, UIN Jakarta juga berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, diantaranya dari Kementerian Agama RI.

Beberapa penghargaan itu adalah prodi berakreditas A terbanyak, jumlah guru besar terbanyak, jumlah jurnal berakreditasi  terbanyak, PTN BLU terbaik, hak kekayaan intelektual terbanyak, dan perpustakaan berjejaring internasional.

Sementara itu, dalam merealisasikan rencana kerja 2021, Rektor berharap dukungan penuh seluruh sivitas terutama senat universitas. Harapannya, capaian prestasi universitas terus meningkat lebih tinggi lagi. (z. muttaqin)

Share This