Ciputat, BERITA UIN Online— Rektor, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis meminta sarjana alumni UIN Jakarta menjaga nama baik almamater melalui kiprah positif mereka di berbagai bidang masing-masing. Kiprah positif mereka dinilai penting dalam membangun citra akademik dan kelembagaan UIN Jakarta di mata ummat.

Demikian pesan Rektor dalam Wisuda Sarjana UIN Jakarta ke-115 di Gedung Auditorium Utama, Ahad (23/02/2020). “Saya berperan, khususnya pada sarjana alumni UIN Jakarta ke-115, untuk tetap menjaga nama baik almamater,” katanya.

Dalam menjaga nama baik almamater, sambungnya, para sarjana alumni bisa memilih berbagai profesi diminati seperti bisnis, keilmuan, keislaman, dan lainnya dengan mengedepankan integritas dan tanggungjawab. Selain itu, para alumni diharap terus meningkatkan wawasan keilmuan guna meningkatkan kualitas kiprah mereka.

“Silahkan para alumni menyebar, menuntut ilmu lebih dalam lagi, berkiprah positif, apakah sebagai pengusaha, ulama, atau sosok-sosk profesional lain di bidangnya. Karena kita dibutuhkan bagi pembangunan negara ini,” tandasnya.

Lebih jauh, Rektor mengingatkan para alumni untuk berkiprah dengan tetap memiliki kepedulian terhadap lingkungaan. Bahkan para sarjana alumni diminta menjadi pendorong umat untuk menjadi umat toleran, moderat, dan inklusif.

Diketahui, UIN Jakarta kembali menyelenggarakan wisuda sarjana ke-115 dengan mengukuhkan 1.308 sarjana baru lulusan program S1, S2, dan S3. Upacara pengukuhan sekaligus pelepasan sarjana baru yang berlangsung dalam dua gelombang, Sabtu-Ahad (22-23/2/2020).

Pada gelombang pertama, sarjana baru yang dikukuhkan sebanyak 647 peserta, terdiri atas Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 304 peserta, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 118 peserta, Fakultas Psikologi  32 peserta, Fakultas Kedokteran 85 peserta, Fakultas Ilmu Kesehatan 78 peserta, dan Sekolah Pascasarjana 30 peserta.

Sedangkan pada gelombang kedua, berjumlah 661 peserta, terdiri atas Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 113 peserta, Fakultas Ushuluddin 70 peserta, Fakultas Syariah dan Hukum 133 peserta, Fakultas Dirasat Islamiyah 31 peserta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 104 peserta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 59 peserta, dan Fakultas Sains dan Teknologi 151 peserta. (adt/zm)

Share This