Auditorium, BERITA UIN Online – Rektor Amany Lubis mengatakan akan memberikan apresiasi kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN), baik dosen maupun karyawan, di lingkungan UIN Jakarta yang akan menjalani masa purna bakti. Apresiasi yang sama juga akan diberikan kepada para dosen yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya tepat waktu.

Rektor mengatakan hal itu saat memberikan sambutan pada acara Khatmul Qur’an dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara di Auditorium Harun Nasution, Jumat (29/11/2019). Acara yang diikuti para dosen dan pegawai itu juga diisi ceramah agama oleh Rektor UIN Jakarta periode 1992-1998 HM Quraish Shihab.

“Kami akan memberikan apresiasi kepada para pegawai dan dosen, baik yang sedang maupun telah mengabdi di UIN Jakarta,” katanya.

Rektor mengungkapkan apresiasi kepada para pegawai (ASN) merupakan bentuk penghargaan UIN Jakarta. Hal itu juga sebagai tanda terima kasih atas pengabdian para ASN selama bekerja di UIN Jakarta.

Ada tiga bentuk penghargaan yang akan diberikan. Kepada para purna bakti akan diberikan tanda kenangan khusus. Sedangkan bagi guru besar akan kembali dikaryakan sebagai dosen dengan pemberian nomor induk dosen khusus (NIDK).

“Untuk dosen yang sudah menyelesaikan tugas belajar maupun izin belajar menempuh program doktor, kami akan diusulkan untuk beribadah haji ke Tanah Suci,” ujarnya.

Untuk itu, Rektor meminta agar dosen-dosen yang sedang menempuh pendidikan doktor dapat segera menyelesaikannya tepat waktu. “Jangan terlalu lama karena hal itu juga kurang baik bagi UIN Jakarta,” tandasnya.

 Dalam ceramahnya yang berlangsung singkat itu, Rektor juga meminta agar para karyawan bekerja dengan sungguh-sungguh. Bahkan yang lebih penting lagi, kata Rektor, karyawan bekerja harus dengan senyum dan ramah melayani.

“Senyum itu ibadah karena mengandung unsur sedekah. Jadi jika melayani jangan cemberut dan bersikap tidak ramah,” ujar perempuan yang memperoleh penghargaan sebagai “Perempuan Hebat” versi Sindo Media di Jakarta beberapa waktu lalu itu.

Khatmul Qur’an dilakukan dengan membaca al-Qur’an sebanyak 30 juz (satu orang satu juz). Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan sejak Amany Lubis menjabat Rektor UIN Jakarta.

Tradisi Khatmul Qur’an dan Pembinaan ASN digelar sebulan sekali setiap hari Jumat pagi. (ns)

Share This