Ciputat, BERITA UIN Online— Rektor Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA menerima kunci gedung Rumah Susun Sederhana untuk Mahasiswa (Rusunawa) UIN Jakarta dari Kepala Satker Pengembangan Perumaha Ditjen Penyediaan Perumaha Kementerian PUPR Bismar Staniarto S.T., M.Sc., di Ciputat, Kamis (11/4/2019).  Serah terima kunci ini menandai terselesaikannya gedung Rusunawa UIN Jakarta yang didanai oleh hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR.

Kegiatan serah terima kunci gedung ini disaksikan sejumlah pejabat UIN Jakarta maupun Kementerian PUPR. Selain serah terima kunci, Rektor juga melakukan pengecekan ke sejumlah ruangan seperti kamar tidur dan ruang belajar, kamar mandi, dapur, pelataran dan taman Rusunawa. Selain itu, rektor juga memastikan terpasangnya instalasi listrik, saluran air, dan kamera pengawas atau CCTV.

Di sela serah terima dan pengecekan ke sejumlah ruangan rusunawa, Rektor menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan hibah pembangunan gedung tersebut. “Kami bersyukur, UIN Jakarta bisa diberikan perhatian seperti ini. Tentu ini akan sangat menolong para mahasiswa kita,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu persoalan yang dihadapi oleh UIN Jakarta adalah ketersediaan ruang asrama mahasiswa. Dari 5000-6000 mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya, hanya sedikit dari mereka yang bisa difasilitasi tinggal di gedung asrama atau ma’had. “Padahal kita juga memiliki banyak mahasiswa asing yang membutuhkan asrama layak untuk tinggal dan belajar di dalamnya,” katanya lagi.

Di tempat yang sama, Bismar mewakili Kementerian PUPR menyampaikan rasa bangga bisa turut membantu mahasiswa UIN Jakarta dengan pembangunan gedung Rusunawa tersebut. Kementerian PUPR, sambungnya, amat berharap terbangunnya gedung tersebut bisa memenuhi masalah akomodasi mahasiswa yang cukup representatif.

“Mewakili Kementerian PUPR, kami turut berbangga bisa menyelesaikan pembangunan gedung ini. Mudah-mudahan UIN Jakarta bisa memanfaatkannya dengan baik,’ harapnya.

Diketahui, perencanaan dan pembangunan gedung Rusunawa sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pembangunan gedung ini merupakan kerja sama antara UIN Jakarta dan Kementerian PUPR. Seluruh pendanaan pembangunan didanai langsung oleh hibah Kementerian PUPR, sedang UIN Jakarta hanya menyiapkan lahannya saja.

Rusunawa dibangun dengan tipe 24 berlantai empat di atas lahan seluas sekitar 3.000 meter persegi. Lahan tersebut berada di Jalan Kertamukti Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten. Gedung dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi di tiap lantai, ruang belajar, ruang loby, dapur, balkon, dan ruang pertemuan. Adapun konsultan pembangunan gedung adalah PT Parigraha Konsultan. (Zae)

Share This