Kampus UIN, BERITA UIN Online – Rekor UIN Jakarta Dede Rosyada didampingi sejumlah guru besar menanam pohon di taman depan gedung Rektorat, Sabtu (3/11/2019) pagi. Penanaman pohon dilakukan pada acara Wisuda Sarjana ke-110 yang digelar di Auditorium Harun Nasution.

Rektor dalam kesempatan itu menanam pohon jeruk keprok (Citrus reticulata). Sedangkan guru besar lain menanam pohon yang berbeda. Di antara yang menanam pohon adalah Ketua Senat Universitas Abuddin Nata, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Murodi, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Abdul Hamid, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Yusron Razak.

Selain jeruk, jenis pohon lain yang ditanam adalah kelengkeng (Dimocarpus longan), nangka (Artocarpus heterophyllus), mangga (Mangifera indica), dan kedongdong (Spondias dulcis). Pohon-pohon tersebut ditanam secara simbolis dan dilakukan sebelum acara prosesi wisuda dimulai. Penanaman pohon disaksikan oleh para calon wisudawan, termasuk sarjana terbaik di lokasi tersebut.

Tradisi menanam pohon oleh pimpinan UIN Jakarta digelar rutin setiap acara penyelenggaraan wisuda sarjana. Tradisi tersebut sudah berlangsung lama dan menjadi simbol serta harapan tumbuh suburnya UIN Jakarta di masa mendatang.

Penanaman pohon itu juga merupakan salah satu upaya UIN Jakarta untuk merealisasikan program penghijauan kampus. Program tersebut akan terus dilakukan di semua kawasan kampus UIN Jakarta.

Dari wisuda ke wisuda, jenis pohon yang ditanam hampir sama. Jumlahnya antara 5-10 batang pohon. Setelah ditanam sementara di depan gedung Rektorat, pohon selanjutnya akan dipindahkan ke lahan milik UIN Jakarta di Desa Solear, Cikuya, Tangerang, Banten.

“Kita berharap pohon-pohon ini akan tumbuh subur, sehingga suatu saat kelak, para mahasiswa yang sudah lulus dapat kembali melihat pohon yang dulu kita tanam,” ujar Rektor Dede Rosyada. (ns)

Share This