Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online— Kegiatan Khatmul Qur’an merupakan panggilan kepada kebaikan. Sebagai umat Muslim, menjadi nilai ibadah dengan membaca, memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan. Tidak hanya itu, dengan kegiatan ini, mampu mengeratkan silaturrahim antar sivitas akademika UIN Jakarta.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis usai kegiatan Khatmul Qur’an yang diikuti seluruh jajaran pimpinan dan karyawan UIN Jakarta, Jumat (08/03), di Auditorium Harun Nasution, Kampus I UIN Jakarta.

“Semoga dengan kegiatan membaca dan berusaha memahami al-Qur’an, mendapatkan keberkahan serta mempertebal keimanan dan ketakwaan kita semua kepada Allah SWT. Selain itu, semoga dari waktu ke waktu peserta yang mengikuti kegiatan ini semakin bertambah,” ujar rektor.

Masih menurutnya, tujuan lain dari kegiatan tersebut adalah ajang untuk ta’aruf dan memupuk keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt.  Dengan demikian, maka kita semua akan terus semangat dalam menjalankan aktivitas dan tanggung jawab kita di UIN Jakarta.

“Sebagai umat Muslim, kita harus saling mengingatkan dan mengajak dalam kebaikan. Karena ini menjadi tanggung jawab setiap individu Muslim. Selain itu, kita juga harus mampu menjadi motivator kepada sesame untuk senantiasa melakukan hal positif, kreatif, dan inovatif, terutama di dunia kerja,” tandas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Rektor menambahkan, bahwa segenap jajarannya membuka diri untuk menerima masukan dan saran positif untuk kemajuan UIN Jakarta. Dirinya pun menegaskan bahwa segenap jajaran juga mengimbau agar kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh sivitas akademika UIN Jakarta tanpa terkecuali.

“Seluruh sivitas akademika diwajibkan untuk hadir di kegiatan bulanan ini. Kecuali apabila yang bersangkutan tengah berbaring sakit atau ada halangan penting lainnya, dan itu pun harus dikomunikasikan dengan atasannya langsung,” tandas Amany.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut dihadirkan pula penceramah agama KH Mukri Aji, yang dalam ceramahnya ia membuka kembali ingatan seluruh sivitas akademika untuk senantiasa ingat kepada Allah Swt, dan senantiasa ikhlas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di UIN Jakarta.

Dari pantauan BERITA UIN Online, terlihat bahwa kegiatan Khatmul Qur’an dan pembinaan mental ASN yang dimulai pukul 09.00-11.00 WIB tersebut, berjalan dengan tertib dan khidmat. (lrf)

Share This