Cikuya, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada meresmikan pemanfaatan gedung Aula Serbaguna di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (30/10/2018). Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Hadir pada acara tersebut para wakil rektor, dekan fakultas, kepala biro, dan para kepala lembaga.

Aula Serbaguna yang berlokasi di Cikuya merupakan bangunan kedua setelah sebelumnya dibangun gedung Guest House. Kedua gedung tersebut dibangun di atas lahan kosong milik UIN Jakarta dengan dana dari Badan Layanan Umum (BLU).

Rektor dalam sambutannya menyatakan, pembangunan dua gedung di Cikuya bertujuan untuk menandai adanya lahan kosong milik UIN Jakarta yang selama ini belum termanfaatkan secara optimal. Selain itu, pembangunanan gedung juga bertujuan agar seluruh warga sivitas akademika dapat memanfaatkan lahan untuk beragai kegiatan positif, baik yang bersifat akademik maupun non akademik.

“Silakan para dosen atau mahasiswa memanfaatkan fasilitas kampus yang ada di Cikuya tersebut untuk berbagai kegiatan positif, terutama yang berdampak kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Rektor juga menjelaskan, lahan di Cikuya saat ini sudah dimanfaatkan oleh mahasiswa UIN Jakarta, khususnya mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi. Selain mahasiswa Program Studi Agribisnis, sejumlah Pramuka UIN Jakarta juga kerap menggunakannya untuk berbagai kegiatan, seperti pengabdian kepada masyarakat dan penanaman pohon.

Rektor menambahkan, lahan di Cikuya dengan luas sekitar 40 hektar itu merupakan aset UIN Jakarta yang sedang dalam proses persertifikatan. Hingga kini proses pensertifikatan lahan masih berlangsung meski dilakuan secara bertahap.

“Jika sudah berhasil disertfikatkan semua, di sekeliling lahan nanti akan dipagar tembok,” ujarya.

Gedung Aula Serbaguna dibangun dengan arsitektur sederhana. Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas sekitar 100 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 5 x 20 meter persegi. Bangunan dilengkapi dengan prasarana memadai, seperti aula, kamar tidur, kamar mandi, dan teras. (ns)

Share This