Aula SC, BERITA UIN Online –  Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mengukuhkan sebanyak 45 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia Sabtu (17/8/2019) besok. Acara pengukuhan digelar di Aula Student Center (SC) kampus 1, Jumat (16/8/2019).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAAKK) Khoiruddin, Kepala Bagian Kemahasiswaan Ikhwan, dan sejumlah alumni Resimen Mahasiswa (Menwa).

Rektor dalam sambutannya mengapresiasi dibentuknya anggota Paskibra UIN Jakarta oleh Menwa. Menjadi anggota Paskibra, katanya, sangat bergengsi karena akan bertugas mengibarkan bendera merah putih, yaitu bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kalian harus bangga menjadi anggota Paskibra, karena memiliki tugas mulia untuk bangsa dan negara,” katanya.

Rektor berharap pelaksanaan upacara peringatan HUT RI di UIN Jakarta pada 17 Agustus besok berjalan lancar. Harapan yang sama juga dikemukakan kepada para anggota Paskibra yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih. “Semoga kalian sehat semua sehingga dapat melaksanakan tugas negara dengan baik,” ujarnya.

Namun, Rektor mengingatkan para anggota Paskibra jika nanti menjadi anggota Menwa harus tetap memperhatikan kuliah. “Jangan terlalu sibuk di organisasi sehingga mengabaikan kewajiban utamanya menuntut ilmu. Maksimal kuliah harus selesai delapan semester. Setelah itu silakan kalian lanjutkan ke jenjang S2 dan S3,” imbau Rektor.

Anggota Paskibra UIN Jakarta direkrut dan dilatih oleh Menwa. Mereka berasal dari mahasiswa baru dan dari berbagai jurusan. Selain disiapkan untuk bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan HUT RI, mereka juga akan menjadi petugas pengibar bendera pada acara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru.

Sesuai jadwal, pembukaan PBAK akan digelar pada 26 Agustus di lapangan utama kampus UIN Jakarta. PBAK diikuti oleh sekira 7.600 mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. (ns)

Share This