Aula Madya, BERITA UIN Online— Berorganisasi di kampus, juga merupakan ajang realisasi diri dan menambah pengalaman tentang bagaimana menjadi pemimpin dan dipimpin. Akan tetapi, mahasiswa harus mampu menjadikan aktivitas organisasi tersebut sebagai penyemangat etos belajar di kampus, agar lebih berprestasi.

Hal demikian, disampaikan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, saat memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Jakarta pada, Selasa (21/05), di Aula Madya lantai I, kampus I UIN Jakarta.

Ditambahkan rektor, DEMA sebagai mitra jajaran rektorat, hendaknya mampu bersinergi dan beradaptasi dengan pola kinerja yang tengah berjalan, agar program-program serta visi misi UIN Jakarta dapat tercapai dengan baik.

“Mahasiswa itu jiwa muda yang masih memiliki energi positif, baik ide maupun gagasan ke depan tentang bagaimana memajukan kampus tercinta ini. Terutama bagaimana bahu-membahu meningkatkan prestasi mahasiswa. oleh karena itu, energi positif yang dimiliki tolong direalisasikan dalam frame organisasi DEMA, pihak pimpinan akan senatiasa mendukung setiap gagasan atau ide positif demi kemajuan mahasiswa khususnya, dan UIN Jakarta pada umumnya,” papar rektor.

Masih menurutnya, mahasiswa dan jajaran pimpinan harus bersinergi dengan baik, serta menjalin komunikasi yang harmonis. Pasalnya, kedua elemen tersebut saling ketergantungan, hal tersebut mendorong perlunya hubungan simbiosis mutualisme.

“Kami jajaran pimpinan, rektor dan para wakilnya, para biro, dekan, para kabag, kasub bag, dan lainnya tidak akan ada jika tidak ada mahasiswa. Begitu juga sebaliknya, proses belajar-mengajar mahasiswa tidak akan ada dan berjalan apabila tidak ada manajemen yang baik dari segenap jajaran pimpinan dan sivitas akademika UIN Jakarta,” pukas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Di akhir sambutannya, rektor menegaskan kembali pentingnya memprioritaskan serta meningkatkan etos belajar di kalangan pengurus DEMA khususnya dan mahasiswa UIN Jakarta pada umumnya. Dirinya berharap, dengan adanya organisasi-organisai atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan kampus, akan semakin memacu mahasiswa untuk lebih berprestasi dalam keilmuannya.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Ketua DEMA UIN Jakarta Sultan Rivandi dalam prakatanya menegaskan, bahwa kabinet kerjanya akan senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung dan merealisasikan program-program pengembangan mahasiswa UIN Jakarta.

“Kami juga mohon arahan dan bimbingan dari Rektor dan segenap jajaran pimpinan UIN Jakarta, agar apa yang kami lakukan senantiasa searah dan sejalan dengan cita-cita luhur kampus tercinta ini. Kami semua anak-anak Ibu dan Bapak sekalian, yang perlu dibimbing dan diarahkan, manakala kami hilang arah atau mulai melangkah di jalan yang salah,” ungkap Sultan. (lrf)

Share This