Bogor, BERITA UIN Jakarta— Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis meminta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi leading sector pengembangan bisnis UIN Jakarta sekaligus penumbuhan kewirausahaan mahasiswanya. Selain mendorong optimalisasi sumber-sumber pembiayaan program akademik universitas, peran demikian diharap bisa mencetak sarjana UIN Jakarta yang siap mengembangkan kemandirian ekonomi pasca kelulusannya.

Demikian disampaikan Rektor Amany saat memberi arahan dalam Rapat Kerja FEB UIN Jakarta di Bogor, Jumat (14/02/20120). Rapat kerja yang diikuti para pimpinan fakultas, program studi, dan bagian-sub bagian administratif FEB UIN Jakarta ini mengagendakan penajaman implimentasi berbagai program kerja fakultas sepanjang tahun 2020.

Rektor menuturkan, rapat kerja pimpinan universitas awal pekan ini mendorong optimalisasi sumber-sumber pembiayaan bagi pemenuhan anggaran program akademik universitas. Salahsatu diantaranya adalah dengan menginisiasi pembentukan unit bisnis yang bertugas menjadi motor aktifitas bisnis tersebut.

“Kita ingin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis inilah yang menjadi leading sector dalam mengembangkan bisnis untuk UIN Jakarta,” ungkapnya.

Diungkapkan Rektor, kebutuhan pembiayaan program dan kebutuhan reguler sivitas akademika UIN Jakarta sangat tinggi. Kondisi demikian berbanding dengan nilai belanja yang dikeluarkan universitas. Aktifitas demikian dinilai memiliki potensi ekonomis yang bisa dimanfaatkan kembali sebagai sumber pembiayaan universitas.

Untuk itu, sambung Rektor, UIN Jakarta menginisiasi unit bisnis yang bertugas mengelola potensi ekonomi tersebut. Selain diharap menjadi sumber pembiayaan, ini juga diharap menciptakan proses pengadaan barang/jasa dalam satu harga sehingga belanja bisa dilakukan dengan lebih efisien.

Lebih jauh, Rektor juga berharap FEB bisa mendorong pengembangan kewirausahaan mahasiswa FEB maupun mahasiswa fakultas lainnya. Hal ini dilakukan dengan mendorong mahasiswa membangun start up bisnis sektor e-commerce.

Diketahui, FEB melangsungkan rapat kerja pimpinan fakultas Jumat-Minggu (14-16/02/2020). Rapat kerjaa sendiri mengambil tema Penguatan Kualitas SDM dan Sarpras Kelembagaan Melalui Integrasi Sistem Informasi dalam Mewujudkan Islamic Creative Entrepreneurship. (mi/zm)

Share This