Lapangan UIN, BERITA UIN OnlineSaat ini, linieritas dalam pendidikan perguruan tinggi khususnya tidak begitu diperhatikan oleh user. Namun, saat ini banyak sekali user yang melihat keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Oleh karenanya, saat anda menempuh perkuliahan di UIN Jakarta, maka anda juga harus terus mengembangkan dan mengasah keterampilan yang dimiliki.

Demikian disampaikan Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada saat memberikan sambutan singkat sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2018/2019 di lapangan UIN Jakarta, Senin (27/08). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan tanda peserta.

Dalam kesempatan tersebut, rektor juga apresiasi para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi. Mereka yang lolos, kata Rektor, merupakan mahasiswa pilihan karena berhasil menyisihkan ratusan ribu calon mahasiswa lain yang masuk UIN Jakarta.

“Saya berpesan agar anda memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-sebaiknya dan jangan berlama-lama di kampus. Selain itu, gunakan masa kuliah selain mendalami ilmu yang menjadi pilihan anda, juga kembangkan skill dan keterampilan anda sekalian,” ujarnya.

Rektor menambahkan, saat ini UIN Jakarta telah diakui dan alumninya bisa diterima berkarir di negara-negara ASEAN. Selain itu, untuk kancah internasional UIN juga mulai dikenal. Pasalnya, saat ini tidak sedikit mahasiswa UIN Jakarta yang berasal dari manca negara.

“UIN Jakarta mulai diakui dan diminati oleh negara-negara internasional. Karena UIN Jakarta dikenal dunia sebagai kampus yang senantiasa menerima perbedaan, serta menghargai pluralisme. Sehingga, kampus kita ini sangat menjunjung tinggi perdamaian,” jelas rektor.

Kampus UIN Jakarta, masih menurut rektor, tidak pernah mendikotomi antara keilmuan dan keIslaman. Justru, di kampus UIN,  keduanya senantiasa diintegrasikan sehingga melahirkan alumni yang profesional Islami.

“Anda akan belajar keIslaman pada mata kuliah yang anda tekuni. Dari sana, anda akan menjadi seorang yang profesional Islami,” tandas Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Jakarta tersebut.

Dari pantauan BERITA UIN Online  di lokasi, tampak sekali antusiasme mahasiswa baru yang berjumlah 6.800 orang mengikuti jalannya acara pembukaan PBAK tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut, para wakil rektor, dekan dan wakil dekan, serta seluruh sivitas akademika.

Menjadi lebih semarak, ketika Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya Sumadi yang memberikan pidato pada kesempatan tersebut, juga memberikan beberapa hadiah bagi mahasiswa baru yang terpilih.

Sebagai informasi, kegiatan PBAK akan berlangsung selama empat hari, Senin-Kamis (27-30/08) mendatang. Setelah acara pembukaan tersebut, kegiatan akan dilanjutkan di fakultas masing-masing. (lrf)

Share This