Gedung FITK, BERITA UIN Online– Berdasarkan surat yang diterbitkan Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No 4736/DJ.I/Dt.I.IV/Dt.I.IV.5/KP.02.2/09/2017 tanggal 27 September 2017, ditetapkan bahwa Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara sertifikasi yang ditunjuk tahun ini hanya satu, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA sudah mempersiapkan bangunan di bilangan Sawangan Depok untuk tempat kegiatan tersebut dari 2015.

“Untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG), kita sudah punya lahan luas di Sawangan Depok tapi sampai sekarang masih belum selesai,” ujar Dede saat menjadi keynote speech pada kegiatan Seminar Nasional yang digelar Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta di Ruang Teater Prof Dr Mahmud Yunus Gedung FITK lt 3, Senin (13/11/2017).

Pasalnya, lanjut Dede, FITK mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk dibangun gedung sembilan lantai, namun karena minimnya anggaran untuk gedung pendidikan, pemerintah hanya menyanggupi empat lantai.

“Saat ini anggaran pemerintah diprioritaskan untuk bangun infrastruktur, jalan dan bendungan, bukan fokus pada bangunan sekolah,” imbuh Dede di hadapan para Kepala Prodi PAI PTKIN yang menjadi peserta seminar.

Oleh karena itu, di akhir kepemimpinannya sebagai Rektor UIN Jakarta, ia memutuskan untuk melanjutkan bangunan yang mangkrak tersebut dengan menggunakan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

“Dana PNPB saya kira cukup untuk menyelesaikan itu dan semoga bisa dipakai. Insya Allah kita akan punya gedung LPTK,” pungkas Dede disambut tepuk tangan peserta seminar.

Diketahui Gedung LPTK UIN Jakarta mulai dibangun pada Jum’at (07/08/2015) di atas lahan seluas 2,7 hektar. Lokasi gedung berada di lintasan Jalan Bojongsari-Sawangan dan masuk ke wilayah Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Depok Jawa Barat.

Fasilitas LPTK dibangun dengan rincian berupa satu unit gedung utama, auditorium, mesjid, guesthouse, areal parkir dan taman.

Pembukaan kegiatan pembangunan tahap pertama dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA bersama Wakil Walikota Depok Dr Idris Abdul Shomad MA. Turut menghadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi, para kepala biro, kepala bagian, camat dan para tokoh masyarakat setempat.

Saat itu, mewakili rektor, Murodi menuturkan keberadaan LPTK sangat dibutuhkan sebagai lokasi pusat pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi para tenaga pengajar yang selama ini dikelola UIN Jakarta. Saat ini, kegiatan sejenis lebih banyak dilakukan di lingkungan kampus UIN Jakarta dengan meminjam gedung FITK, sehingga kurang maksimal penyelenggaraanya. (mf)

Share This