Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mendukung dan mendorong Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta untuk membuka kelas bahasa Perancis. Hal ini guna memperkaya keterampilan berbahasa seluruh sivitas akademika UIN Jakarta.

Hal tersebut disampaikan rektor saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara ASEAN Goes to Campus, yang diinisiasi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FAH UIN Jakarta, Senin (18/03), di Auditorium Harun Nasution, kampus I UIN Jakarta.

Rektor menambahkan, bahwa segenap jajaran pimpinan UIN Jakarta sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan positif yang dilaksanakan mahasiswa untuk terus berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Teruslah menimba ilmu dan pengalaman serta memperluas jaringan, tidak hanya skala nasional namun juga internasional,” ujar rektor.

Dengan demikian, sambung rektor, mahasiswa harus terus melatih keterampilan berbahasa asing. Terumata, bahasa Inggris, Arab dan Perancis. Oleh karena itu, diperlukan pula membuka kelas Perancis.

“Kami mendorong Fakultas Adab dan Humaniora untuk membuka kelas bahasa Perancis. Dengan demikian, akan menambah khazanah keilmuan dan kemampuan bahasa asing di kalangan mahasiswa FAH itu sendiri. Lebih jauh, mahasiswa dapat memperluas jaringan beasiswa guna mendalami keilmuan-keilmuan dari berbagai Negara,” jelas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Selain itu, rektor juga sedikit mengenalkan UIN Jakarta kepada para narasumber yang hadir. Dimana menurutnya, UIN Jakarta memiliki lima kampus yang tersebar di beberapa wilayah.

“Itu semua disediakan untuk mempasilitasi kegiatan belajar-mengajar dan pengembangan minat serta bakat para mahasiswa UIN Jakarta,” tandasnya.

Acara yang menghadirkan tiga narasumber, Romeo A. Arca Jr (Assisten Director, Community Relations Divission, Community & Corporate Affairs Departemen, ASEAN Secretariat), Yacinta Esti Wulan Wahyu Jati (Project Manager ASEAN Farmer’s Organisations Support Programme), dan Larasati Indrawagita (ASEAN Secretariat) itu, dihadiri sedikitnya 300 peserta, yang terdiri dari mahasiswa, tamu undangan dan jajaran pimpinan FAH UIN Jakarta.

Dari pantauan BERITA UIN Online terlihat, acara berjalan tertib dan lancar. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa yang hadir dalm mengajukan beberapa pertanyaan terkait ASEAN dan hal-hal yang ditawarkan guna pengembangan kemampuan mahasiswa. (lrf)

Share This