Bandung, BERITA UIN Online— Rektor Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA secara resmi membuka Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) UIN Jakarta 2019 di Bandung, Sabtu (30/3/2019). Selain pimpinan rektorat, Rakerpim juga dihadiri para dekan, ketua program studi, ketua lembaga, kepala pusat, kepala biro dan kepala bagian masing-masing unit.

Rapat mengagendakan evaluasi pencapaian kinerja 2018 sekaligus mengkordinasikan pencapaian rencana kerja UIN Jakarta sepanjang tahun 20019. Kali ini, Rakerpim mengangkat tema Penguatan Manajemen UIN Jakarta Melalui Pendekatan Good University Governance.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya buka kegiatan Rapat Kerja Pimpinan UIN Jakarta 2019. Semoga melalui kegiatan ini, kita bisa melakukan perencanaan sekaligus pelaksanaan pengembangan UIN Jakarta ke arah yang lebih baik,” bukanya.

Dalam pembukaannya, Rektor menyampaikan harapan agar seluruh sivitas UIN Jakarta bisa bersinergi dalam mengembangkan UIN Jakarta ke arah lebih baik. Menurutnya tantangan yang dihadapi UIN Jakarta di masa kini dan mendatang semakin besar sehingga diperlukan sinergi seluruh sivitas akademika.

Salahsatu tantangan yang dihadapi adalah makin tingginya ekspektasi umat bangsa menjadikan UIN Jakarta sebagai pusat pembelajaran keilmuan dan keislaman generasi muda. Tantangan lainnya adalah keterhubungan antara akademik dan dunia profesi melalui penyiapan lulusan yang siap memasuki dunia profesional.

Rakerpim yang diagendakan selama tiga hari, Jumat-Minggu (29-31/3/2019) sendiri diisi dengan evaluasi dan pembahasan perencanaan program-program kerja UIN Jakarta ke depan. Diantaranya aspek akademik; pengembangan bisnis, sarana prasarana, dan keuangan; tata kelola kemahasiswaan dan alumni; dan penguatan manajemen kelembagaan yang dibahas dalam rapat komisi.

Selanjutnya, Rakerpim juga mengagendakan penandatanganan Indikator Kinerja Utama (IKU) masing-masing fakultas dan lembaga di lingkungan UIN Jakarta. IKU merupakan tolok ukur performa kinerja masing-masing unit.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakerpim UIN Jakarta 2019 H. Khairunnas SH MH mengungkapkan Rakerpim mengagendakan tinjauan ulang dan perumusan IKU 2019 berdasar Rencana Strategis UIN Jakarta 2017-2021. Selain itu, Rakerpim diharapkan mencari solusi terbaik kinerja program dan anggaran yang selaras berorientasi hasil yang mendukung pembangangan UIN Jakarta ke depan.

“Untuk menambah wawasan, kita juga mengundang Direktur Unit Bisnis Universitas Brawijaya dan Rektor ITB. Diharapkan kedua narasumber menambah wawasan kita dalam mengembangkan UIN Jakarta ini,” tambahnya.

Diketahui, kegiatan Rakerpim juga diisi dengan presentasi pengembangan bisnis dan akademik dari sejumlah perguruan tinggi dengan prestasi bisnis dan pengembangan akademik sangat baik. Diantaranya, presentasi unit Direktur Unit Bisnis Universitas Brawijaya Dr. Ir. Anthon Efani dan presentasi pengembangan akademik Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Kadarsah Suryadi. (lrf/zae)

Share This