Lapangan UIN, BERITA UIN OnlineRektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada membuka secara resmi penyelenggaraan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 di lapangan UIN Jakarta, Senin (27/08). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan tanda peserta.

Rektor dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi. Mereka yang lolos, kata Rektor, merupakan mahasiswa pilihan karena berhasil menyisihkan ratusan ribu calon mahasiswa lain yang masuk UIN Jakarta.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada anak-anakku yang telah menjadi mahasiswa UIN Jakarta. Saya juga berpesan agar kalian memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-sebaiknya dan jangan berlama-lama di kampus,” ujarnya.

Rektor mengatakan, bila hari ini ada ribuan mahasiswa baru yang berhasil lolos seleksi, dua bulan kedepan akan ada ratusan bahkan ribuan mahasiswa yang menjadi sarjana, yaitu wisuda sarjana ke-110. Untuk itu Rektor berpesan mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan pada awal September mendatang.

“Silakan kalian belajar dari sekarang, kembangkan kemampuan (skill) dan keterampilan yang anda miliki. Karena saat ini, linieritas tidak menjadi patokan, namun lebih pada kemampuan individu dan keterampilan yang dimiliki,” katanya.

Acara pembukaan PBAK yang diikuti lebih dari 6.000 mahasiswa baru itu berlangsung semarak. Pembukaan dihadiri para wakil rektor, dekan dan wakil dekan, serta seluruh sivitas akademika. Juga hadir Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya Sumadi yang memberikan pidato sekaligus memberikan beberapa hadiah bagi mahasiswa baru yang terpilih. Kegiatan PBAK akan berlangsung hingga 30 Agustus 2018 mendatang. (lrf)

Share This