Cikuya, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis didampingi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Ahmad Rodoni, Kepala Bagian Umum Encep Dimyati, dan Kepala Subbag Rumah Tangga Abdul Halim, Sabtu (16/3/2019), meninjau tanah UIN Jakarta yang berlokasi di Cikuya, Solear, Tangerang, Banten. Peninjauan dilakukan terkait akan dibangunnya beberapa sarana baru UIN Jakarta di lokasi tersebut.

Rektor dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka kemudian transit di gedung Guest House untuk beristirahat sejenak. Tak lama, Rektor kemudian menyusuri kawasan lahan yang masih terlihat asri.

“Lahan UIN Jakarta ini cukup luas, tentu harus kita rencanakan pemanfataannya secara optimal,” kara Rektor.

Saat berkeliling lahan, Rektor sempat tertarik dengan seekor anak kambing berwarna coklat yang sedang merumput. Ia pun segera mendekati lalu mengambil dan menggendongnya. “Kambing ini lucu sekali,” ujarnya.

Karena lahan masih belum banyak ditumbuhi pepohonan, Rektor pun menyatakan akan memberikan bantuan berupa sejumlah bibit pohon untuk ditanam. Dengan semakin banyak pohon yang ditanam, katanya, kawasan lahan akan terlihat lebih adem dan sejuk.

Selain itu, Rektor juga menyinggung mengenai rencana pembangunan sarana baru di kawasan seluas 42 hektare tersebut. Selain kini sudah terdapat gedung Guest House dan gedung serba guna, ia di antaranya mengusulkan untuk ditambah dengan sarana baru bagi kegiatan mahasiswa.

“Kalau bisa ditambah gedung asrama agar kegiatan para mahasiswa lebih enak dan fokus,” ujarnya.

Kepala Bagian Umum Encep Dimyati mengungkapkan, tanah UIN Jakarta di Cikuya pemanfatannya sementara ini akan difokuskan bagi kegiatan mahasiswa. Untuk itu, di lahan tersebut direncanakan akan dibangun gedung rumah susun mahasiswa (rusunawa) atau asrama untuk kegiatan mahasiswa.

“Anggarannya akan kita upayakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau dari Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk Negara),” katanya. (ns)

Share This