Ruang Diorama, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menerima kunjungan tamu kehormatan Kepala Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Matar Salim Al-Kaabi, Kamis (4/3/2021). Kunjungan delegasi UEA tersebut didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.

Kedatangan Al-Kaabi disambut hangat Rektor Amany Lubis di Ruang Rektor Gedung Rektorat. Setelah itu Al-Kaabi dan rombongan menuju Ruang Diorama Auditorium Harun Nasution untuk berdialog. Hadir dalam pertemuan tersebut para wakil rektor, para dekan, kepala biro, dan undangan lain.

Rektor Amany Lubis menyambut gembira kedatangan utusan UEA ke UIN Jakarta. Ia berharap UIN Jakarta dapat menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas di UEA dalam program pengembangan riset, kegiatan seminar, beasiswa, pertukaran profesor, dan mahasiswa.

“Saya senang hati dengan kedatangan utusan UEA Mohamed Matar Salim Al-Kaabi. Kita berharap kerjasa sama antara Indonesia dan UEA dapat terus meningkat dan UIN Jakarta dapat mengambil bagian dari keja sama tersebut untuk mengembangkan kampus di masa mendatang,” katanya.

Rektor Amany Lubis mengatakan dirinya juga sudah beberapa kali berkunjung ke UEA. Ia mengaku terkesan dengan kemajuan yang sudah dicapai UEA sehingga negara kaya minyak itu menjadi perhatian dunia.

Alhamdulillah, jadi saya sangat berterima kasih kepada delegasi UEA yang mau berkunjung ke UIN Jakarta,” ucapnya.

Kunjungan delegasi UEA ke UIN Jakarta hanya berlangsung sekitar satu jam. Al-Kaabi juga tidak banyak memberikan pernyataan di depan publik sivitas akademika UIN Jakarta.

Ia mengatakan hal yang sama bahwa kunjungan dirinya ke UIN Jakarta selain untuk bersilaturahmi juga ingin menawarkan berbagai kerja sama. “Saya juga berterima kasih dapat diterima dengan baik oleh Rektor Amany Lubis dan pimpinan UIN Jakarta lainnya,” katanya.

Terkait dengan beberapa pertanyaan yang diajukan peserta dialog soal bantuan dan kerja sama, Al-Kaabi menyarankan agar mengajukan proposal ke UEA.

“Nanti akan saya teruskan ke pihak-pihak terkait,” ujarnya singkat.

Seusai dialog, Al-Kaabi kemudian memberikan cinderamata kepada Rektor Amany Lubis dan sebaliknya. Setelah itu dilanjutkan dengan acara foto bersama di depan Auditorum Harun Nasution dan lettering “UIN Syarif Hidayatulah Jakarta” di taman kampus.

Kunjungan Al-Kaabi dan rombongan ke Indonesia dalam rangka untuk merealisasikan sejumlah kerja sama. Salah satunya adalah pembangunan masjid di Solo, Jawa Tengah. Masjid tersebut merupakan hibah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Mohamed bin Zayed, sebagai tanda persahabatan dengan Indonesia. (ns)

Foto: Hermanuddin (Humas UIN Jakarta)

Share This