Gedung Kopertrais, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis melantik dan mengukuhkan pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS) periode 2020-2003 di lingkungan Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah I DKI Jakarta. Acara pelantikan digelar di gedung Kopertais lantai 5 Fakultas Syariah dan Hukum, Rabu (19/2/2020). Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Kopertais Ahmad Thib Raya dan Sekretaris Kopertais Ahmad Supriyadi.

Pengurus APTIKIS yang dilantik merupakan para pejabat dari berbagai perguruan tinggi Islam swasta di wilayah Jabodetabek. Ketua APTIKIS periode 2020-2023 dijabat Usman Umar, dekan Fakultas Agama Islam Universitas Satyagama Jakarta, dan Sekretaris APTIKIS Sadari, rektor Institut Agama Islam Shalahuddin Al Ayyubi Jakarta.

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis yang juga Ketua Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus yang dilantik. Ia berharap pengurus APTIKIS dapat bekerja dengan baik untuk mengabdi kepada bangsa dan negara melalui bidang pendidikan.

Menurut Rektor, tujuan Kopertais di antaranya untuk mencerdaskan putra-putri bangsa di masa kini dan mendatang. Sementara fungsi Kopertais adalah sebagai pengendalian dan pengawasan terhadap pengembangan perguruan tinggi Islam swasta.

Untuk mencerdaskan anak bangsa, jelas Rektor, para dosen diminta untuk bersabar, ulet, dan penuh ketelitian. Para aktivis APTIKIS juga harus sabar dan bijak agar sampai pada tujuan yang diharapkan. Fungsi Kopertais juga sebagai pengendalian

“Dalam sejarah kita juga mengetahui bahwa para ulama terdahulu telah bekerja dan mengabdi dengan tidak ada batasnya. Mereka bekerja untuk meningkatkan prestasi (achievement) anak bangsa, sehingga mampu menjadi pemimpin di masa depan,” ujarnya.

Pada bagian lain, Rektor juga sangat mengapresiasi atas kinerja pengurus APTIKIS sebelumnya. Semoga pengabdiannya dapat menjadi ladang amal saleh yang diridlai Allah SWT.

Seusai pelantikan, Rektor menggelar foto bersama pengurus APTIKIS dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Berikut adalah pengurus lengkap APTIKIS periode 2020-2023:

  1. Ketua: Dr Usman Umar (dekan FAI Universitas Satyagama)
  2. Wakil Ketua I: Dr Sunardi (wakil ketua I STES Islamic Village Tangerang)
  3. Wakil Ketua II: Waheeda SPsi MSi (ketua STAI Nurul Iman Parung, Bogor)
  4. Sekretaris: Dr SadariSHI MSI (rektor Institut Agama Islam Shalahuddin Al Ayyubi Bekasi)
  5. Wakil Sekretaris: Kholilullah Akhmad MPdI (ketua STAI Attaqwa Bekasi)
  6. Bendahara: Syifa Awalia MM (ketua STAI PTDII)
  7. Ketua Divisi Organisasi dan Advokasi: Dr Popi Puadah MA (dosen Universitas Islam Jakarta)
  8. Sekretaris Divisi Organisasi dan Advokasi: Dr Akhmad Shunhaji MPdI (kaprodi Magister Manajemen Pendidikan Islam PTIQ)
  9. Ketua Divisi Kerja Sama dan Kelembagaan: Dr Syamsuddin MPd (ketua STAI Publisistik Thawalib Jakarta).
  10. Sekretaris Divisi Kerjasama dan Kelembagaan: Tia Rahmania MPsi (dekan FPP Universitas Paramadina)
  11. Ketua Divisi Pengembangan SDM: Dr Muhyiddin Tohir MA (ketua STIT Islamic Village Tangerang)
  12. Sekretaris Divisi Pengembangan SDM: Dr Yayat Suharyat, MPdI (wakil rektor I Unisma Bekasi)
  13. Ketua Divisi Ekonomi Kreatif: Dr Nurhidayat MPd (dosen FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta)
  14. Sekretaris Divisi Ekonomi Kreatif: Dr Asep Habib Idrus Alawi MA (dosen STAI Shalahuddin Al Ayyubi). (ns)
Share This