Cireundeu, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mengadakan buka puasa bersama puluhan anak yatim di rumah dinas rektor di Jalan Purnawarman Cireundeu, Ciputat Timur,Tangerang Selatan, Rabu (22/5/2019) sore. Buka puasa juga diikuti oleh sejumlah anggota dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta pimpinan UIN Jakarta lain.

Gelaran acara dimulai pukul 16.00 diawali dengan kegiatan membaca al-Qur’an sebanyak 30 juz secara berjamaah. Setelah itu disambung dengan sambutan Rektor Amany Lubis dan tausiyah Ramadhan oleh Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah Syairozi Dimyati.

Tadarusan dan khataman al-Qur’an diikuti oleh sekitar 100 peserta. Mereka terdiri atas pegawai UIN Jakarta, anggota dan pengurus  DWP, serta warga sekitar kampus.

Selain untuk berbuka puasa bersama, Rektor juga memberikan santunan kepada sedikitnya 35 anak yatim yang berada di sekitar kampus. Santunan yang diberikan berupa uang sebesar masing-masing Rp 200.000 ditambah bingkisan lebaran.

Rektor Amany Lubis dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ibadah dalam bentuk santunan, khatmil Qur’an, dan buka puasa bersama. Rektor juga bersyukur bahwa kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai rencana.

Rektor dalam kesempatan tersebut menyatakan sangat bangga dan bahagia bisa berkumpul dengan anak-anak yatim serta menyantuni mereka. Sebab, anak-anak yatim adalah titipan Allah yang harus diperhatikan kehidupannya, baik terkait masalah sandang, pangan maupun papan.

Oleh karena itu, menurut Rektor, umat Islam wajib menyantuni anak yatim dan tidak menelantarkannya. Sebab, jika abai terhadap kehidupan anak yatim, umat Islam menjadi berdosa dan bahkan sebagai pendusta agama.

“Kita harus memperhatikan anak yatim dan tidak menghardiknya. Karena jika menghardik mereka dan menelantarkannya, kita semua dibilang Allah sebagai kaum pendusta agama,” tegas Rektor seraya menyitir surat al-Kafirun ayat 1-6. (ns)

Share This