Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dijadwalkan akan memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAM) ke-74 Kementerian Agama di lapangan gedung Student Center kampus 1 pada Jumat (3/1/2020) besok. Upacara akan dimulai pada pukul 06.00 WIB dan diikuti oleh para wakil rektor, para dekan, para kepala biro serta seluruh aparatur sipil negara (ASN) UIN Jakarta.

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (2/1/2020). Upacara peringatan HAB di lingkungan UIN Jakarta akan diperingati secara sederhana dengan acara inti pengibaran bendera merah putih.

Dalam tugasnya sebagai pemimpin upacara, Rektor selain akan membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Razi dan teks Pancasila, juga menyerahkan tanda penghargaan dari Presiden RI kepada para pegawai negeri sipil (PNS) berupa Satyalencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Upacara peringatan HAB juga akan diisi dengan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Saiful Umam dan pembacaan doa oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Yuruf Rahman. Sedangkan komandan upacara dipimpin oleh Resimen Mahasiswa (Menwa), pengibar bendera merah putih oleh Pramuka, dan lagu-lagu nasional oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM)

Upacara peringatan HAB di lingkungan Kementerian Agama digelar rutin setiap tahun tanggal 3 Januari. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari ulang tahun atau hari jadi Kementerian Agama.

Sementara itu, Rektor dalam surat edarannya bernomor B-3643/R/HK.00.7/12/2019 tertanggal 31 Desember 2019 menginstruksikan kepada seluruh ASN UIN Jakarta agar mengikuti upacara tersebut. Untuk pakaian, pria mengenakan baju kemeja putih lengan panjang, celana hitam, dan berkopiah hitam. Adapun untuk pakaian wanita, mengenakan baju putih lengan panjang, rok panjang hitam, dan jilbab putih. (ns)

Share This