Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar pada Jumat (17/8/2018) besok di kampus UIN Jakarta. Selain memimpin upacara, Rektor juga akan memberikan penghargaan Presiden RI berupa Satyalencana Karya Satya kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengabdi selama 10 tahun, 15 tahun, dan 20 tahun.

Demikian siaran Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (16/8/2018). Upacara akan dilakukan di halaman gedung Student Center mulai pukul 06.30 WIB dengan acara inti penaikan bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera dari unsur mahasiswa. Peserta upacara diikuti oleh para pejabat UIN Jakarta, dosen, staf, mahasiswa, serta undangan dari berbagai lembaga lain.

Para petugas upacara adalah pembacaan teks Pancasila oleh Ade Sofyan Mulazid (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis), pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Suparto (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi), pembacaan Proklamasi oleh Muhammad Zuhdi (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), dan pembacaan doa oleh Nurul Irfan (dosen Fakultas Syariah dan Hukum). Sedangkan bertindak selaku komandan upacara berasal dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Wiradharma.

Lagu-lagu nasional diisi oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dan pengisi hiburan diisi dengan Marching Band oleh mahasiswa.

Seusai upacara, peringatan hari Kemerdekaan RI akan diisi dengan ramah tamah antara Rektor bersama warga sivitas akademika. Ada pula penyajian kuliner tradisional yang berasal dari berbagai unit kerja di UIN Jakarta. Kuliner tersebut berupa makanan ringan seperti umbi-umbian dan lontong.

Sementara itu, sesuai Instruksi Rektor UIN Jakarta Nomor B-2046/R/HK.007/08/2018, seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan UIN Jakarta diimbau untuk mengikuti upacara penaikan bendera tersebut. Pakaian yang dikenakan untuk pria baju putih lengan panjang, celana hitam, dan berkopiah hitam. Adapun untuk wanita mengenakan pakaian baju putih lengan panjang, rok hitam, dan kerudung hitam. (ns)

Share This