Gedung PPG Bojongsari, BERITA UIN Online– Sebanyak 239 guru mengikuti Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) pada Sabtu-Minggu, (29/2-1/3/2020) di Gedung PPG FITK Bojongsari UIN Jakarta.

“UP ini dilaksanakan khusus untuk retaker (pengulang) yang sudah mengikuti PPG pada 2018 dan 2019, namun belum lulus UP,” ujar Ketua Penyelenggara Imam Thobroni SE saat pengarahan peserta di aula PPG lt 2.

Mereka yang mengikuti UP ini, lanjutnya, terdiri dari guru kelas Sekolah Dasar, guru Pendidikan Teknik Informatika, guru Bimbingan Konseling, dan guru kelas RA.

“Ada yang ikut PPG di UIN Jakarta, ada juga yang ikut PPG di PTKIN lain, tapi UPnya di UIN Jakarta,” imbuh Imam.

Ditambahkannya, pada UP kali ini, LPTK UIN Jakarta sudah bisa melaksanakan UP di Gedung PPG FITK Bojongsari dengan 70 unit komputer yang tersambung dengan server dan siap digunakan.

“UP yang lalu, kita masih memakai Laboratorium Terpadu UIN Jakarta. Alhamdulillah, kali ini kita sudah punya sendiri,” terang Imam.

Imam menyampaikan, pada hari pertama pelaksanaan UP berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Peserta ditempatkan di lantai 3 dengan dua ruang kelas. Masing-masing kelas tersedia 35 unit komputer dengan 25 peserta.

“Masih tersisa 10 unit komputer untuk antisipasi jika ada unit komputer lain yang bermasalah dan itu juga persyaratan dari Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) untuk dapat melaksanakan UP,” terang Kepala Bagian Tata Usaha FITK itu.

Sementara, Penyelia Nasional Dr Apud MPd dalam pengarahannya menyampaikan, tahun lalu retaker memiliki kesempatan untuk mengulang selama dua tahun dengan batas maksimal enam kali UP. Namun tahun ini, diberikan tambahan waktu menjadi tiga tahun dengan 14 kali UP.

“Jika masih belum lulus juga, maka gagal menjadi guru profesional,” ujar Apud.

Diketahui, UP dilaksanakan dalam dua sesi, pagi dan siang durasi 180 menit (3 jam) dengan 140 soal. Pagi dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 dan untuk sesi siang dimulai pukul 13.00-16.00.

Pada hari kedua pelaksanaan UP, hadir Dekan FITK Dr Sururin MAg, Wakil Dekan Bidang Akademik Muhammad Zuhdi MEd PhD, Pengelola PPG Dr Kidup Supriyadi, mendampingi Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengembangan Akademik Pendidikan Tinggi Islam (PA Diktis) Kementerian Agama Dr Mamat Selamet Burhanuddin sebagai Pengawas UP Nasional untuk memonitoring pelaksanaan UP di FITK UIN Jakarta. (lrf/mf)

Share This