UNI Club, BERITA UIN Online— Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) UIN Jakarta meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Akademik (AIS) baru untuk telepun genggam versi android. Launching tersebut dilaksanakan pada, Kamis (15/11), bertempat di UNI Club kampus I UIN Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Dr Fadhillah Suralaga, Kepala Pustipanda Nashrul Hakiem PhD serta beberapa sivitas akademika UIN Jakarta lainnya.

Acara ini juga mengundang sejumlah pembicara, diantaranya Nenny Anngraini MT (Dosen FST), Supardi MKom (Koordinator Pengembangan Pustipanda) dan Rifqy Fajriansyah (Mahasiswa FST UIN Jakarta dan pengembang aplikasi AIS Mobile).

Fadhillah Suralaga dalam sambutannya memberikan apresiasi untuk acara ini. Dia juga berharap para peserta dapat berpartisipasi aktif mengikuti jalannya acara ini.

“Dengan adanya mobile AIS ini, diharapkan akan lebih mudah bagi siswa untuk mengakses berbagai informasi akademik,” katanya.

Sementara itu, koordinator pengembangan Pustipanda Supardi MKom dalam presentasinya mengatakan bahwa penemuan sekaligus pengembangan AIS Mobile telah dilakukan sejak 2012. Namun, karena fiturnya yang sangat terbatas, aplikasi ini belum diunggah ke play store pada handphone android.

“Dengan bantuan dosen dan mahasiswa FST FST yang mengerjakan proyek akhir, akhirnya kami meluncurkan aplikasi mobile AIS ke Play Store sehingga dapat digunakan langsung oleh mahasiswa UIN Jakarta,” tandas Supardi.

Sementara itu, Kepala Pustipanda UIN Jakarta Nasrul Hakiem mengatakan bahwa pustipanda akan menerima masukan apa pun dari siswa jika ada fitur yang harus ditambahkan ke aplikasi ini.

Berdasarkan pantauan BERITA UIN Online di tempat acara terlihat, para peserta sangat antusias mengikuti kursus ini. Ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada para pembicara, terutama mengenai teknis pengunaan aplikasi AIS tersebut serta kelemahan dan kelebihannya. (lrf)

Share This