Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Lahan kosong milik UIN Jakarta di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, akan menjadi lokasi puncak perayaan Milad ke-62 ADIA/IAIN/UIN Jakarta pada 15 Juni 2019 mendatang. Lokasi itu ditetapkan agar lahan seluas 40 hektare itu termanfaatkan dengan baik.

Demikian salah satu keputusan hasil rapat panitia Milad ke-62 yang digelar di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, Selasa (21/5/2019). Rapat dipimpin Ketua Milad Lily Surayya serta dihadiri Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Andi Faisal Bakti dan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Khairunnas.

Lily mengatakan, penetapan lokasi Cikuya sesuai harapan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. Alasannya, lokasi tersebut sangat luas dan layak diramaikan sehingga syi’arnya terlihat di luar kampus.

“Tujuan lain agar seluruh dosen dan karyawan mengetahui bahwa UIN Jakarta memiliki lahan yang cukup luas di Cikuya. Namun, lahan tersebut hingga kini belum termanfaatkan secara optimal,” katanya.

Menurut Lily, di lokasi ini, kegiatan yang akan dilakukan di antaranya selebrasi pemotongan tumpeng, penanaman pohon, penjualan sembako murah, penjualan pakaian layak pakai, cek kesehatan, aksi bersih tempat ibadah, dan santunan anak yatim serta janda.

Untuk memeriahkan puncak Milad UIN Jakarta, panitia akan memobilisasi sivitas akademika dari kampus di Ciputat ke Cikuya. “Mekanismenya nanti akan kita atur agar tertib dan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, sesuai rapat, tim bakti sosial saat itu juga langsung melakukan survey ke lokasi puncak Milad di Cikuya. Hal itu dilakukan guna memastikan titik-titik mana saja yang akan dijadikan lokasi kegiatan. Tim survey lokasi berjumlah delapan orang dan dipimpin Kepala Bagian Umum Edy Suandi.

Desa Cikuya terletak di Kabupaten Tangerang, berjarak sekira 60 kilometer dari kampus UIN Jakarta. Untuk menuju lokasi, pengunjung di antaranya dapat menggunakan akses jalan tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang Balaraja Barat. Dari gerbang tol tersebut, perjalanan dilanjutkan menuju arah Serang dan kemudian belok kiri ke arah Cisoka atau Solear hingga berakhir di Desa Cikuya. (ns)

Share This