Kampus Terpadu UII, BERITA UIN Online— Tim Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok) UIN Jakarta berkunjung dan memelajari strategi pengelolaan laman website Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Rabu (04/10/2017). Tim dipimpin Kasubag Pubdok Feni Arifiani S.Ag., MH., dan diterima langsung Direktur Pemasaran, Kerjasama dan Alumni UII Hangga Fathana, Kepala Divisi Kerjasama UII Sigit Pamungkas, dan Direktur Humas UII Karina Utami Dewi.

Dalam sambutannya, Feni mengungkapkan, kunjungan dilakukan tim Pubdok UIN Jakarta guna mempelajari strategi dan manajemen pengelolaan informasi perguruan tinggi Islam tertua di Indonesia tersebut. Dalam hal ini, website UII misalnya merupakan salah satu website perguruan tinggi swasta tanah air yang mampu berkompetisi di ranking webometrics nasional.

“Karena itu, kita ingin belajar seperti apa manajemen dan strategi pengelolaan nformasi UII,” imbuhnya.

Di tepi lain, Hangga mengungkapkan, laman website merupakan salah satu prioritas UII sebagai instrumen utama penyampaian informasi perguruan tinggi kepada publk. Selain efisien, jangkauan penyampaian informasi oleh website juga lebih luas dibanding media cetak seperti majalah dan newsletter.

Menurutnya, laman website UII sendiri didesain dengan memperhatikan kebutuhan user UII baik calon mahasiswa, mahasiswa, sivitas akademik, dan masyarakat. Selain itu, desain juga memperhatikan tren yang berlaku di lingkungan perguruan terbaik dunia.

Indikator keterpenuhan fungsi website adalah jika mahasiswa dan lembaga mitra mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui website. “Benchmarking juga kami lakukan dengan melihat konten website luar negeri yang bagus. Lalu, kami sesuaikan juga dengan kebutuhan kita sendiri,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, website juga dibangun dengan memperhatikan kebutuhan mitra kerjasama atas informasi tentang UII. “Inovasi menjadi kebutuhan bagi kami (dalam mengembangkan web, red.), terutama juga untuk meyakinkan kalangan mitra lembaga bisnis maupun pendidikan, baik nasional maupun internasional,” papar Hangga lagi.

Hangga menambahkan, manajemen website UII sendiri dilakukan bersama-sama lintas unit. Terdapat tiga unit yang mengelola tiga jenis konten website, yaitu konten news dikelola Direktorat Hubungan Masyarakat, konten umum dikelola Direktorat Pemasaran dan Alumni, sedang sistem sendiri dikelola Badan Sistem Informasi. (farah nh/yuni nurkamaliah/zm)

Share This