Tangsel, BERITA UIN Online—Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta, mengikuti Konferensi Pertama Internasional Gender dan Gerakan Sosial dan gala dinner sekaligus ramah tamah, Rabu (16/10), di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Tangerang Selatan, Pamulang.

Acara yang diikuti oleh perwakilan 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) se Indonesia tersebut, di hadiri oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, di mana pada kesempatan tersebut mewakili Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diani, yang berhalangan hadir.

Hadir pada pembukaan Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi keagamaan Islam Suwendi, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Andi M Faisal Bakti, Ketua PSGA UIN Jakarta Ulfah Pajarini, dan sejumlah aktivis dari kalangan organisasi perempuan.

Dalam sambutannya, Benyamin menyambut positif diselenggerakannya konferensi tahunan tentang perempuan. Konferensi tersebut penting untuk membahas tentang peran perempuan muslim di ranah publik dan domestik.

“Di Tangsel sendiri saat ini memiliki program besar yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang itu semua tidak lepas dari peran perempuan. Tidak hanya sebagai pemangku kebijakan, namun juga sebagai pencetak/pendidik generasi unggulan,” pukas Davnie.

Di tempat yang sama, Suwendi menegaskan dalam sambutannya, bahwa acara ini merupakan bentuk penegasan bahwa perempuan layak menjadi pemimpin, serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki, tanpa menerjang batas-batas kodratnya sebagai perempuan.

“Tujuan utama acara ini tiada lain adalah ada pemahaman yang adil terhadap perempuan, anak, dan kelompok rentan diskriminasi dalam perspektif moderasi beragama serta adanya gerakan bersama untuk mewujudkan keadilan bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan diskriminasi di Indonesia,” ujar Suwendi.

Tidak lupa, ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja sama bahu membahu guna berjalan dan suksesnya acara tersebut. Dirinya berharap, acara tersebut menghasilkan ide dan gagasan yang positif serta apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai.

Sebagai informasi, acara yang mengusung tema Perempuan, Moderasi Beragama, dan Pencapaian SDGs itu diinisiasi oleh PSGA UIN Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama, dan Komisi Nasional Perempuan, dan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI). (lrf)

Share This