Gd. FAH, BERITA UIN Online— Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta menggelar workshop pembuatan film sejarah, Selasa (15/10), di Ruang Teater Abdul Ghani, lantai 5, FAH UIN Jakarta.

Acara yang dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wib tersebut, dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ida Farida, dan disambung ke sesi materi yang dibawakan oleh Naijan sebagai narasumber. Naijan merupakan ahli di bidang media, dan dikenal sebagai penulis skenario di berbagai film dan sinetron.

Dalam sambutannya, Ida Farida menerangkan bahwa acara ini merupakan pelatihan dasar untuk para mahasiswa jurusan SPI, sekaligus lanjutan dari beberapa mata kuliah yang membahas tentang film dan dokumentasi. “Bagi mahasiswa jurusan sejarah, film menjadi salah satu sumber atau topik yang kerap dijadikan sumber penelitian mereka,” pukas Ida.

Selain itu, sambung Ida, workshop ini bertujuan memberikan bekal bagi mahasiswa semester 7 yang sedang menjajaki semester akhir, menyusun sekripsi dan meninggalkan kampus.

Salah satu peserta workshop, Syaidina Sapta kepada BERITA UIN Online mengatakan, bahwa workshop kali ini menjadi pembuka bagi para mahasiswa untuk lebih mendalami dunia film.

“Selain untuk memperdalam pengetahuan tentang film, semoga kedepannya banyak ahli yang membimbing dalam mempelajari film untuk anak Sejarah Peradaban Islam (SPI),” ujar Sapta.

Sebagai informasi, dalam pelatihan tersebut, selain mendapatkan materi pembuatan film sejarah, para peserta juga nantinya akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). (lrf/na)

Share This