Gd. FST, BERITA UIN Online— Program Studi Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar seminar nasional dengan mengusung tema Pengaruh Industri Pertambangan di Masa Depan Bagi Kesejahteraan Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan pada, Sabtu (27/10) lalu, bertempat di Auditorium Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional.

Seminar ini bertujuan mensukseskan program kerja Himpunan Mahasiswa Tambang (HITAM) sekaligus memeriahkan mulad ke 2 Teknik Pertambangan UIN Jakarta, serta menambah wawasan mahasiswa tambang dan berbagi informasi terkini mengenai keadaan pertambangan di Indonesia.

Hadir sebagai narasumber pada seminar tersebut, antara lain Ir Sukmandaru Prihatmoko MSc (Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)), yang pada kesempatan tersebut memaparkan tentang Sumber Daya, Cadangan, Serta Prospek Cadangan di Masa Depan yang Ada di Indonesia. Selanjutnya, Tino Ardhyanto AR (Ketua Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Tambang (PERHAPI)), menjelaskan tentang Cara Penambangan Dengan Sumber Daya dan Cadangan yang Ada di Indonesia.

Narasumber berikutnya, yaitu Ir Resvani MBA (CEO PT Tura Consulting Indonesia), mempresentasikan tentang Konsep Penambangan Terhadap Indonesia Berdasarkan Buku “ Tambang Untuk Negeri”.

Sedang narasumber terakhir yaitu Ir Milawarma MEng, (Komisaris Independen PT Timah) yang menjelaskan tentang Integritas Seorang Penambang.

Sebagai informasi, seminar nasional yang dihadiri sedikitnya 150 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa Teknik Pertambangan UIN Jakarta saja, tetapi juga mahasiswa yang berasal dari universitas lain yang ada di Indonesia. (lrf)

Share This