FITK, Berita UIN Online – Setelah sukses dengan Pekan Raya Ilmiah 2018, tahun ini Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menggelar acara serupa. Acara Pekan Raya Ilmiah 2019 akan digelar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Kota Tangerang Selatan, Banten pada 14-15 Oktober 2019 mendatang.

Ketua Pelaksana Miftahul Huda mengatakan jika PRI ini merupakan acara yang dilaksanakan untuk meningkatkan minat pelajar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang Fisika. Acara ini juga merupakan acara terbesar yang digelar oleh Prodi Pendidikan Fisika.

“Tahun ini, Pekan Raya Ilmiah mengangkat tema ‘Reach The Future With Physics’. Pesertanya berasal dari Mahasiswa dan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai Universitas dan sekolah yang ada di Pulau Jawa,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Acara Irfan faqih mengatakan Pekan Raya Ilmiah 2019 akan terdapat 4 macam perlombaan. Diantaranya, Olimpiade Fisika, Project Alat Fisika, Essay dan Stand Up Comedy.

“Olimpiade Fisika yang menjadi ajang kompetisi bidang keilmuan fisika berisi materi tentang pengukuran, mekanika, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan fisika modern. Selanjutnya, Project Alat Fisika berfokus pada materi mekanika dan listrik magnet. Untuk Essay, sebagai ajang kompetisi karya tulis ilmiah bertemakan ‘Peran Fisika dalam Memajukan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0’. Dengan sub tema Pendidikan, Teknologi, Kesehatan, dan Lingkungan. Sedangkan Stand Up Comedy, sebagai ajang hiburannya yang bisa membuat orang ketawa namun dengan dibalut materi fisika bertemakan SEMEDI (Sains Dalam Selimut Komedi),”katanya.

Pada kesempatan yang berbeda, Kaprodi Pendidikan Fisika Iwan Permana Suwarna mengatakan dengan diadakannya Pekan Raya Ilmiah 2019 merupakan salah satu upaya mendukung Universitas untuk menjadi salah satu Word Class University.

“Melalui Pekan Raya Ilmiah 2019, kita berharap bisa meningkatkan kemampuan berfikir para pelajar sehingga mereka siap untuk menjadi generasi emas nantinya. Lewat event ini, kita juga dapat mengangkat dan memperkenalkan Pendidikan Fisika UIN Syarrif Hidayatullah di mata sekolah dan pelajar,” ujar Iwan dalam keterangan,  Kamis (15/8/2019). (lrf/sam/if)

Share This