Auditorium SPs, BERITA UIN Online – Setelah menunggu cukup lama, Program Studi Magister  Pengkajian Islam (Prodi MPI) Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta akhirnya diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Asesmen lapangan reakreditasi dilakukan pada Senin (8/7/2019) pagi ini oleh dua asesor BAN-PT, yakni Sugeng Listyo Prabwo dari UIN Malang dan Karwadi dari UIN Yogyakarta.

Direktur SPs UIN Jakarta Jamhari Makruf kepada BERITA UIN Online seusai acara pembukaan asesmen menyatakan optimistisnya bahwa proses reakreditasi Prodi MPI akan berhasil dan berjalan dengan baik. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan seluruh instrumen borang akreditasi sesuai standar penilaian BAN-PT.

Bahkan sebelum dilakukan visitasi, kata Jamhari, terlebih dahulu diadakan simulasi secara kronologis terhadap semua komponen yang akan dinilai, termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan tim asesor.

“Kami yakin dan optimis bahwa asesmen penilaian lapangan dalam proses reakreditasi ini berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

Dalam jadwal asesmen yang dimulai pada Senin ini, agenda pertama tim asesor adalah dialog dengan pimpinan SPs UIN Jakarta. Setelah itu tim asesor mengajukan berbagai pertanyaan terhadap seluruh unsur terkait, seperti dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Pelaksanaan asesmen  akreditasi digelar di Auditorium SPs UIN Jakarta.

Agenda berikutnya adalah mengadakan visitasi lapangan dengan mengunjungi sejumlah fasilitas serta sarana dan prasana kegiatan akademik yang tersedia di SPs UIN Jakarta. Seusai visitasi lapangan, tim asesor lalu mengadakan pertemuan secara internal dan tertutup guna membahas hasil sementara asesmen.

Seperti diketahui, akreditasi Prodi MPI telah habis masa berlakukanya pada 13 Maret 2019. Prodi ini sebelumnya telah memperoleh akreditasi dengan peringkat A dari BAN-PT berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 079/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2014 tertanggal 14 Maret 2014 dengan Nomor Sertifikat 001920. Masa akreditasi berlaku selama lima tahun mulai 14 Maret 2014 hingga 13 Maret 2019.

Prodi MPI yang dibuka tahun 1982 itu pertama kali dikareditasi BAN-PT tahun 2000 dan memperoleh peringkat Unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2000 tertanggal 19 Desember 2000. Tahun 2008, Prodi MPI kembali diakreditasi kedua dan memperoleh peringkat A berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 018/BAN-PT/Ak-VI/S2/XII/2008. Masa akreditasi berlaku selama lima tahun mulai 19 Desember 2008 hingga 19 Desember 2013.

“Mudah-mudahan hasil reakreditasi yang digelar tahun ini kembali memperoleh nilai A dari BAN-PT,” kata Jamhari.

Hadir pada pembukaan Wakil Rektor Bidang Akademik Zulkifli, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Andi Faisal Bhakti, Rektor periode 2014-2019 Dede Rosyada, Direktur SPs UIN Jakarta perode 2014-2019 Masykuri Abdillah, Ketua Prodi MPI JM Muslimin, serta sejumlah dosen SPs UIN Jakarta. (ns)

Share This