Pisangan, BERITA UIN Online – Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mekuncurkan dua buah buku karya dosen di Ruang Teater FEB, Kamis (23/5/2019). Acara peluncuran sekaligus bedah buku tersebut dihadiri Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Muhammad Fuad Nasar, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Indo Yama.

Kedua buku yang diluncurkan masing-masing berjudul Akuntansi dan Manajeman Wakaf karya Dodik Siswantoro dan  Akuntansi dan Manajemen Zakat karya Sri Nurhayati. Keduanya merupakan dosen di Prodi Akuntansi.

Dalam sambutannya, Rektor Amany Lubis sangat mengapresiasi terbitnya dua buku karya dosen yang membahas persoalan zakat dan wakaf tersebut. Ia berharap kedua buku dapat bermanfaat dan menjadi amal jariah bagi penulis serta bagi pengembangan keilmuan di FEB.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga sekali dengan terbitnya kedua buku soal zakat dan wakaf ini. Semoga hal ini dapat memperkaya khazanah keilmuan Islam, khususnya dalam bidang zakat dan wakaf,” katanya.

Sementara itu, Indo Yama menyebutkan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang mengelola dan manfaatkan zakat dan wakaf secara produktif di berbagai sektor. Misalnya wakaf untuk masjid, pesantren, dan bahkan gedung pernikahan atau masjid yang dipadu dengan gedung pernikahan.

Dalam kajian Islam, ekonomi Islam sebenarnya sangat menguntungkan, salah satunya melalui wakaf. Sebagai contoh, faktor produksi yang terkait dengan biaya produksi lahan bisa diminimalkan dengan pengembangan tanah wakaf.

“Kita juga bisa mengembangkan aset-aset wakaf yang tidak produktif untuk sektor pertanian dengan, misalnya, investasi. Nah, para petani bisa memanfaatkan lahan tidak produktif tadi, apalagi kalau digabung dengan zakat,” katanya. (ns)

Share This