Aula Madya, BERITA UIN Online – Sebanyak 32 Pramuka dari UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, mengunjungi UIN Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Kedatangan mereka disambut dengan upacara adat Racana UIN Jakarta yang digelar di Aula Madya.

Ketua Gugusdepan UIN Jakarta Nanang Syaikhu yang menerima para Pramuka Pandega itu mengungkapkan rasa senang atas kunjungan tersebut. “Kunjungan ini merupakan balasan atas kunjungan yang dilakukan para Pramuka UIN Jakarta sebelumnya ke UIN Semarang tahun 2016 lalu,” katanya.

Nanang mengatakan, kunjungan Pramuka UIN Semarang ke UIN Jakarta dapat dijadikan momentum untuk memperat tali silaturahmi antarpramuka perguruan tinggi, khususnya di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN).

“Kita ibarat dua saudara yang lama tidak bertemu. Semoga kunjungan mereka (Pramuka UIN Semarang, Red) dapat membawa berkah bagi kemajuan bersama,” katanya.

Selain Nanang, Pembina Pramuka UIN Jakarta lain yang turut menyambut adalah Pembina Satuan Putra Arief Arianto Aryadi dan Pembina Satuan Putri Saidah. Hadir juga Kepala Sub Bagian Alumni Bagian Kemahasiswaan Agus Salim.

Ketua Dewan Racana Putri UIN Semarang Sofi Wulan yang memimpin rombongan mengatakan, kunjungan para anggotanya ke UIN Jakarta bertujuan untuk mengadakan studi banding. Hal itu dilakukan agar diperoleh pengalaman dan pengetahuan baru terkait pengembangan kegiatan kepramukaan di kampusnya.

Ia juga mengatakan sangat berterima kasih atas penerimaan kunjungan tersebut. “Kami mohon maaf apabila kunjungan ini merepotkan tuan rumah,” ungkapnya.

Kunjungan studi banding Pramuka UIN Semarang ke UIN Jakarta berlangsung selama dua hari hingga Ahad (24/11/2019) besok. Selain mengadakan saling bertukar informasi tentang kegiatan dan pembinaan, kedua Racana juga akan menggelar malam keakraban dan persahabatan.  (ns)

Share This