Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Sebanyak 28 pramuka UIN Jakarta mengadakan studi riset ke wilayah Provinsi Lampung, khususnya ke beberapa daerah yang dikunjungi. Studi riset tersebut dilakukan guna menambah wawasan dan pengalaman para pramuka di daerah-daerah yang menjadi obyek studi.

Rombongan yang terdiri atas 14 pramuka putra dan 14 pramuka putri itu dilepas Pembina Gugus Depan Nanang Syaikhu di Gedung Student Center, Senin (5/2/2018). “Melalui kegiatan lapangan seperti itu diharapkan mereka memperoleh pengalaman dan teman baru di beberapa daerah yang dijadikan obyek studi,” ujarnya.

Studi riset dilakukan dengan cara napak tilas. Mereka di antaranya berjalan kaki dari dan ke daerah tujuan. Namun, untuk daerah tujuan yang jarak tempuhnya cukup jauh, para peserta menggunakan kendaraan umum.

Menurut Nanang, kegiatan studi riset akan berlangsung selama sepekan, yaitu pada 5-10 Februari 2018. Daerah pertama yang akan dikunjungi adalah Kota Metro, kemudian Way Kambas, dan berakhir di Bandar Lampung.

 “Studi riset peserta tahun ini digelar di Lampung.  Mereka akan melakukan berbagai penelitian mengenai kehidupan masyarakat Lampung, baik yang terkait dengan masalah sosial budaya, keagamaan, pendidikan maupun pariwisata,” katanya.

Selain ke lembaga-lembaga sosial yang ada di masyarakat, para peserta juga akan melakukan studi banding ke beberapa kampus ternama di Lampung, di antaranya IAIN Metro, UIN Lampung, dan Universitas Negeri Lampung.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, studi riset para pramuka UIN Jakarta ke daerah secara umum bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang adat istiadat serta kebudayaan masyarakat setempat. Sedangkan tujuan yang lebih khusus, studi tersebut digelar dalam rangka proses pembinaan diri mereka guna mencapai tingkat pramuka pandega.

Selama di Lampung, para peserta akan mengamati dan mempelajari secara mendalam tentang beragam kebudayaan dan kehidupan sosial masyarakat. Hasil dari studi tersebut di antaranya digunakan untuk bahan pengujian peserta sebagai calon pramuka pandega dan pengembangan kegiatan kepramukaan di UIN Jakarta dan di masyarakat. (ns)

Share This