Aula Madya, BERITA UIN Online – Guna mengembangkan minat pelajar dan mahasiswa di bidang penelitian, Pramuka UIN Jakarta menggelar Lomba Karya Tulis Imiah (LKTI) tingkat nasional. Acara pembukaan dan presentasi hasil karya ilmiah dilakukan di gedung Aula Madya, Rabu (25/10/2017).

Menurut Ketua Dewan Racana Pandega Wahyu Fahmi Rijali, peserta LKTI diikuti oleh 19 orang. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Pada seleksi awal, ujar Wahyu, jumlah peserta yang mengirimkan abstrak mencapai 50 orang. Namun, setelah diseleksi oleh tim juri, dari jumlah tersebut hanya 20 nominator yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk diundang presentasi.

“Tapi yang datang hanya 19 peserta saja, satu peserta berhalangan,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, acara penyeleksian peserta sedang berlangsung. Tim juri terdiri atas unsur dosen dan jurnalis. Sementara nilai kejuaraannya meliputi pemenang pertama hingga ketiga, harapan pertama hingga ketiga, serta kategori best speaker dan best idea. Para pemenang LKTI akan diumumkan pada 26 Oktober 2017 bertepatan dengan perayaan HUT Gudep ke-28.

“Pemenang akan memperoleh tropi, sertifikat, dan uang pembinaan,” kata Wahyu.

LKTI nasional tingkat pelajar dan mahasiswa digelar untuk memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Gugus Depan 07.075-07.076 UIN Jakarta. Tema yang diangkat meliputi bidang iptek, ekonomi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya.

Selain LKTI, kegiatan lain yang digelar adalah Konferensi Internasional tentang radikalisme, Focus Group Discussion para Pramuka Pandega se-Indonesia, dan Ekspedisi Pulau Pari di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. (ns)

Share This