Aula Madya, BERITA UIN Online – Gerakan Pramuka UIN Jakarta Gugus Depan Kota Jakarta Selatan 07.075-07.076 menggelar Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kursus kepramukaan bagi para calon pembina tersebut berlangsung selama enam hari, yaitu pada 24-26 Agustus 2018 (kegiatan indoor) di kampus UIN Jakarta dan 31 Agustus 2018-1-2 September 2018 (kegiatan outdoor) di kawasan wisata Situ Gintung, Ciputat.

Kursus KMD diikuti oleh sedikitnya 66 peserta, terdiri atas peserta dari dalam kampus maupun luar kampus. Para peserta juga tak hanya berstatus mahasiswa melainkan juga para guru dari sekolah-sekolah di wilayah Jabodetabek.

Menurut Ketua Dewan Racana Pandega Lina Fitriani kepada BERITA UIN, Senin (3/9/2018), gelaran KMD bertujuan untuk memberikan bekal kepada para calon pembina yang akan mengabdi di gugus depan-gugus depan di berbagai satuan pendidikan. Sementara bagi para mahasiswa, kursus juga guna memperoleh surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) sesuai tuntutan kurikulum baru berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Saat ini UIN Jakarta sudah menerapkan KKNI, karena itu mahasiswa perlu diberikan SKPI untuk lifeskill selepas kuliah nanti,” katanya.

Lina menambahkan, para pelatih kursus berasal dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Jakarta Selatan. Sedangkan materi yang diberikan merupakan integrasi antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, yakni scouting skill.

“Kegiatannya ada yang berupa materi kelas (indoor), seperti teori-teori kepramukaan, juga praktik di lapangan (outdoor), seperti pioneering, tata upacara latihan, dan berkemah,” jelasnya.

Sasaran dalam pemberian materi tersebut adalah para peserta didik pada golongan siaga, penggalang, penegak serta pandega. Sebab, proses pembinaan pramuka sebagai peserta didik bertumpu kepada keempat golongan tersebut.

Lina berharap seusai mengikuti kursus, para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman mereka dengan baik kepada para calon peserta didiknya kelak. (ns)

Share This