Tangsel, BERITA UIN Online – Para Pramuka Pandega UIN Jakarta membagi-bagikan 5.000 kantong berlogo “Go Green” kepada para pengunjung pusat perbelanjaan di Kota Tangerang Selatan dan DKI Jakarta. Kantong-kantong itu dibagikan secara gratis dengan tujuan untuk mengubah kebiasaan warga menggunakan kantong kresek berbahan plastik.

Kegiatan bagi-bagi kantong (goodybag) yang ramah lingkungan itu digelar selama dua hari pada 24-25 Januari 2019. Caranya, para Pramuka menyisir para pengunjung yang akan berbelanja, baik di super market maupun mini market, dan kemudian memberikannya secara langsung. Pengunjung yang menerima “hadiah” pun terlihat cukup senang karena dianggap membantu untuk membawa barang belanjaan.

Menurut Koordinator Aksi Go Green, Syifa Fauziah, jumlah Pramuka yang terlibat untuk membagikan kantong antara 10-15 orang. Mereka disebar secara acak ke setiap sudut wilayah yang terdapat pusat-pusat perbelajaan, baik di Kota Tangerang Selatan, Banten, maupun DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Selatan.

Pembagian kantong ramah lingkungan, kata Syifa, digelar untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mengurangi limbah plastik dan pencemaran lingkungan. Program tersebut juga berupaya untuk mengubah kebiasaan masyarakat menggunakan kantong plastik agar beralih ke kantong yang ramah lingkungan dan mudah terurai bakteri.

“Kegiatan (bagi-bagi kantong) ini sebenarnya program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Kami hanya menyebarkannya ke para pengunjung pusat perbelanjaan, seperti mal dan mini market,” ujar Syifa, yang juga Ketua Dewan Racana Putri itu.

Namun, kata dia, program itu juga selaras dengan misi dan ajaran Gerakan Pramuka, terutama Dasa Dharma kedua, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Kantong-kantong tersebut memang terbuat dari bahan yang mudah terurai, sehingga aman untuk kesehatan dan tidak mencemari lingkungan atau alam. (ns)

Share This