Kepulauan Seribu , BERITA UIN OnlineGerakan Pramuka UIN Jakarta menggelar acara Youth Social Expedition (YSE) di Pulau Karya dan Pulau Pramuka di Kabupaten Administrasif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada 25-27 Oktonber 2019. Tujuan utama kegiatan di antaranya mengajak kaum muda untuk ikut serta melestarikan alam atau menjaga lingkungan.

YSE diikuti oleh sekira 200 pramuka penegak dan pandega dari serbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Jawara Nasional II dan digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN Jakarta.

Selama kegiatan, para peserta diajak untuk melestarikan alam dengan menanam 1.000 bibit pohon bakau atau mangrove (Rhizophora apiculata). Selain menanam pohon, peserta juga dikenalkan tentang dunia kemaritiman serta industri pariwisata.

Pembina Satuan Putri, Saidah, saat melepas kegiatan peserta di Pulau Karya, Jumat (25/10/2019), mengatakan, penyelenggaraan YSE di Kepulauan Seribu merupakan kali kedua setelah digelar di Pulau Pari pada Jawara Nasional I tahun 2017. Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis para peserta di bidang sosial, lingkungan, dan kelautan.

“Melalui kegiatan alam seperti ini peserta diharapkan akan lebih mencintai lagi tanah air Indonesia yang kaya raya,” katanya.

Para peserta berada di kedua pulau tersebut menginap dengan cara berkemah. Hal itu dilakukan agar mereka dapat menyatu dengan alam serta menikmati sensasi debur ombak. (ns)

Share This