Jakarta, BERITA UIN Online— Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar Sosialisasi Monev KIP 2020 Tingkat Perguruan Tinggi Negeri kepada seluruh badan publik termasuk UIN Jakarta, Selasa (14/7/2020) menggunakan virtual zoom meeting.

Kegiatan ini  guna mengetahui pelaksanaan keterbukaan informasi di badan publik sebagaimana amanah dalam Undanga-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (disebut UU KIP, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Standar layanan Informasi Publik (disebut Perki SLIP)  serta Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik, papar Gede Narayana ketua Komisi Informasi Pusat.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2020 tingkat Perguruan Tinggi Negeri diikuti 85 PTN diantaranya UIN Jakarta, Universitas Jambi, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Papua dan masih banyak lagi universitas negeri lainnya, “sambutnya”.

Ditemui Afwan Faizin ketua pelaksana PPID UIN Jakarta mengatakan monitoring dan evaluasi ini sangat penting bagi badan publik, karena untuk mengukur sejauh mana tingkat pelayanan informasi publik yang telah berjalan di perguruan tinggi. PPID UIN Jakarta siap melakukan terobosan terkait pelayanan informasi publik, baik itu pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik dan penyediaan informasi publik yang lebih mudah dan modern, paparnya.

Setiap badan publik melakukan registrasi yang dimulai tanggal 16 Juli 2020 pada e-monev.komisiinformasi.go.id dengan ketentuan antara lain, email register Badan Publik pada data responden adalah alamat resmi email PPID Badan Publik; akun Badan Publik akan dilakukan verifikasi dan aktivasi oleh Komisi Informasi Pusat,  akun Badan Publik yang telah terverifikasi, dapat melakukan pengisian kuesioner mulai tanggal 16 Juli 2020 sampai dengan 26 Agustus 2020. (sam/mf)

Share This