Gedung SC, BERITA UIN Online– Pojok Seni Tarbiyah (POSTAR) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta sukses menggelar Pentas Tunggal 2018 bertajuk Ansambel Musik “Maing: Tribute to Ismail Marzuki” pada Jumat (2/11/2018) di Hall Student Center (SC) UIN Jakarta.

Dalam acara ini, disuguhkan beberapa karya dari Ismail Marzuki, di antaranya Gugur Bunga, Rayuan Pulau Kelapa, O Sarinah, Sepasang Mata Bola, Panon Hideung, Indonesia Pusaka.

“Selain untuk mengapresiasi karya-karya beliau (Ismail Marzuki), kami juga berharap pementasan ini dapat mengedukasi mahasiswa yang belum mengetahui sosok Ismail Marzuki atau yang akrab disapa Bang Maing, dimana beliau merupakan komposer legendaris yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional” Ujar Pimpinan Produksi, Ennike Setianingrum ketika ditanyai tujuan dari tema pementasan yang dipilih.

Mahasiswa yang akrab disapa Nike ini mengaku persiapan pementasan berjalan sekitar enam bulan lamanya dari proses pembentukan panitia, pemilihan lagu, hingga mengaransemen ulang lagu-lagu yang akan dibawakan.

“Aransemen lagu merupakan bagian yang cukup sulit, namun sekaligus menjadi ajang bagi kami (anggota Postar) untuk berkreasi, berkarya, dan tentunya belajar,” imbuhnya.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) ini juga mengungkapkan rasa senang atas apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak salah satunya datang dari putri Ismail Marzuki, Rachmi Azizah.

Alhamdulillah dari awal kami memohon izin, Ibu Rachmi sangat antusias dan mendukung, cukup banyak yang beliau sampaikan mengenai sosok Bang Maing, sehingga dapat kami jadikan inspirasi, kami sangat senang beliau dapat hadir dalam pementasan ini,” ungkapnya.

Rachmi Azizah, wanita yang memfavoritkan lagu Rayuan Pulau Kelapa ini di sela-sela acara memberi pesan kepada anak muda zaman sekarang, khususnya anggota Postar agar terus semangat.

“Teruslah belajar sampai akhirnya berhasil,” tandasnya.

Pementasan ini juga, lanjut Nike, dapat terlaksana dengan dukungan penuh dari FITK terhadap setiap kegiatan yang diadakan mahasiswanya.

“Semoga Postar dapat terus menjadi wadah bagi mahasiswa FITK yang artinya adalah para calon guru untuk mengasah kreatifitas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni FITK Dr Fauzan MA, Kepala Bagian Tata Usaha FITK Imam Thobroni SE dan sejumlah pegawai FITK.

“Perform yang luar biasa,” ujar Fauzan kepada BERITA UIN Online usai menyaksikan Pentas Tunggal tersebut.

Dari tahun ke tahun, tambahnya, FITK selalu mendorong dan mengapresiasi kegiatan ini agar mahasiswa mampu mengekpresikan dan mengembangkan bakatnya. (mf)

Share This