Gedung FITK, BERITA UIN Online– Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Studium General pada Senin, (09/09/2019) di Teater Mahmud Yunus Gedung FITK lt 3.

Dalam acara yang menghadirkan narasumber dari University of Suceava Romania Assoc Prof Aurora Adina Colosmeischi PhD itu dibuka Dekan FITK Dr Sururin MAg. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik Muhammad Zuhdi MEd PhD, Kaprodi PGMI Asep Ediana Latip MPd, dan ratusan mahasiwa PGMI FITK UIN Jakarta.

Dalam paparannya, Aurora Adina menyampaikan hasil pengalaman studi dan hasil penelitian bertajuk “Primary Education Curriculum Development in the 21st Century”.

Aurora menyampaikan mengenai karakteristik sekaligus motivasi kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan masa depan. Menurutnya, generasi penerus haruslah mengembangkan rasa ingin tahu, imajinasi, keuletan dan regulasi diri.

“Pada Abad 21 ini, Anda harus mulai terbiasa dengan kegagalan dan penolakan untuk dapat bergerak maju serta termotivasi agar dapat mencapai hasil yang terbaik,” ujar Aurora.

Mahasiswa dapat mencapai hasil yang terbaik, lanjut Aurora, dengan keterampilan yang terus diasah dan dikembangkan.

Ditegaskannya, ada tiga keterampilan yang wajib dimiliki mahasiswa. Pertama, keterampilan belajar (learning skills), yaitu mampu berkomunikasi, berkolaborasi, kreatif, dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran.

Kedua, keterampilan literasi (literacy skills), yaitu mampu mengakses informasi, media, dan teknologi.

Ketiga, keterampilan hidup (life skills), yaitu mampu hidup secara fleksibel, produktif, inisiatif, bersosialisasi, dan berjiwa pemimpin agar dapat bertahan hidup di tengah masyarakat.

Selanjutnya, Aurora mengakhiri dengan mengingatkan kembali kepada mahasiswa bahwa masa depan harus dihadapi dan dipersiapkan dari dini agar tidak menyesal di kemudian hari. (lrf/mf/afy)

Share This