Tanggerang, BERITA UIN Online— UIN Jakarta telah menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua kabupaten, yaitu Tangerang dan Bogor. Masing-masing kabupaten, terdiri dari 200 kelompok KKN yang menyebar di beberapa desa terpilih, dan dilaksanakan sejak 20 Juli hingga 20 Agustus 2018.

Salah satu kelompok KKN yang berlokasi di Desa Rawa Rengas, Kosambi, Kabupaten Tangerang, melakukan gotong royong membersihkan sekaligus melakukan normalisasi fungsi sungai yang terletak di dekat kantor desa. Gotong royong tersebut dilaksanakan pada, Rabu (15/08), dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

Kelompok KKN 13 yang bernama Rawa Rengas Team  tersebut, dibawah bimbingan Ade Rina Farida MSi (Dosen FDIK). Berjumlah 19 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di UIN Jakarta.

Kepada BERITA UIN Online, Ade Rina mengatakan, bahwa gotong royong tersebut merupakan salah satu program kerja prioritas kelompok yang diasuhnya. Pasalnya, melihat lingkungan terutama drainase di desa tersebut cukup menghawatirkan, maka kerja bakti membersihkan sungai menjadi program kerja yang cukup diprioritaskan.

“Kami melihat, sungai yang menjadi tempat mandi dan mencuci warga desa tersebut cukup memprihatinkan. Selain banyaknya sampah yang menyumbat, genangan air yang tidak mengalir tersebut menjadi sarang wabah nyamuk dan sumber penyakit,” katanya.

Masih menurut Ade, masyarakat sekitar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini terbukti dari banyaknya penduduk desa yang ikut serta membantu jalannya kegiatan itu.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang membersihkan sungai tetapi juga sebagai ajang mendekatkan diri kepada warga sekitar, sekaligus memberikan pemahaman bahwa lingkungan yang bersih merupakan cerminan dari desa itu sendiri,” tandas Ade Rina.

Dari pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, seluruh peserta KKN 13 turut andil pada kegiatan tersebut. Rawa Rengas Team dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama membersihkan sampah di pinggiran sungai dan kelompok yang kedua membersihkan sampah di dalam sungai. (lrf)

Share This