Bogor, BERITA UIN Online – Hari Remaja Asia yang diperingati pada 1 Agustus 2018 dijadikan momentum bagi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Jakarta di Desa Cisarua, Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, untuk mengadakan Seminar Narkoba. Kegiatan bertajuk “Membangun Generasi Muda Bebas Narkoba Melalui Gerakan Mahasiswa” itu digelar di SMP Muhammadiyah, Selasa (1/8/2018).

Seminar yang dihadiri sekira 60 siswa tersebut di antaranya menampilkan pembicara  dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Rika Indrianti Roamer.

Dalam paparannya, Rika Indrianti Roamer di antaranya menjelaskan mengenai pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, dan zat adiktif lainnya. “Kita beri pengertian pada para siswa agar jangan sampai mereka mencoba. Kita beri tahu juga dampak-dampaknya seperti terkena penyakit dan sebagainya. Hal ini penting dipahami sejak dini oleh para siswa,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Seminar Wina mengatakan, seminar tentang narkoba bertujuan agar para siswa dan generasi muda lain dapat memahami mengenai bahaya narkoba. Mereka juga diharapkan dapat mengenal, mengerti, dan memahami tentang zat adiktif dan psikotropika lain.

“Di era globalisasi saat ini banyak terjadi kenakalan remaja, terutama karena pengaruh lingkungan. Melalui seminar ini kami berharap para remaja  idak terpengaruh pada hal-hal buruk, terutama narkoba,” tuturnya.

Para peserta tampaknya antusias antusias mengikuti seminar. Hal itu terlihat dengan membludaknya ruangan sekolah meskipun pihak BNN datang terlambat. (ns/ria umala)

Share This