Jombang, BERITA UIN Online– Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MI Soebono Mantofani Jombang Tangerang, Selasa-Rabu, (2-3/7/2019).

Kegiatan workshop bertema “Penguatan Kontens Matematika Untuk Guru Kelas” ini melibatkan dosen PGMI, Guru MI Soebono Mantofani, dan Mahasiswa PGMI Angkatan 2016.

Sejumlah dosen di antaranya Asep Ediana Latip MPd, Khamidah Siti Nur Atiqoh MPmat, Dindin Ridwanudin MPd,  Drs Jafar Sanusi MA, Dr Fauzan MA, Rohmat Widiyanto MPd, Dra Zikri Neni Iska MPsi, Dr Siti Masyitoh MPd, Nafia Wafiqni MPd, Fatkhul Arifin MPd,  dan Tri Suryaningsih MPd, 10 mahasiswa PGMI semester 6.

Sedangkan dari pihak MI Soebono Mantofani yang mengikuti kegiatan ini mulai Kepala Madrasah, Guru Kelas (wali kelas), Guru Bidang Studi, dan Guru Kurikulum.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi PGMI Asep Ediana Latip mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian PGMI kepada masyarakat terutama madrasah-madrasah sekitar UIN Jakarta.

“Ini program rutin Prodi PGMI FITK UIN Jakarta sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, terutama madrasah dengan membawa konten-konten baru untu diperkenalkan kepada para guru madrasah,” ujar Asep.

Harapannya, lanjut Asep, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk para guru, sehingga semakin memperkaya pengetahuan serta lebih percaya diri sebagai guru kelas terutama dalam mengajarkan matematika dengan berbagai cara maupun media yang tepat.

Usai pembukaan, tiga narasumber dari dosen PGMI, yaitu Tri Suryaningsih MPd, Khamidah Siti Nur Atiqoh MPmat, dan Fatkhul Arifin MPd disebar ke tiga kelas, A, B, dan C.

Kelas A dengan narsum Tri Suryaningsih membahas materi matematika kelas rendah, seperti bilangan bulat, pecahan campuran, dan decimal, serta operasi hitung. Dalam kegiatan ini, selain pendalaman konsep, narsum juga mengajarkan trik bagaimana menyampaikan materi matematika yang mudah dipahami dengan media.

Pada Kelas B dengan narasumber Khamidah Siti Nur Atiqoh membahas materi matematika kelas rendah, seperti FPB dan KPK serta bangun datar.

Khamidah menjelaskan untuk belajar KPK dan FPB, yang perlu diajarkan terlebih dahulu adalah tentang kelipatannya, sedangkan dalam menyelesaikan soal dapat menggunakan pohon faktor maupun tabel.

“Untuk materi bangun datar, konsep yang harus ditanamkan terlebih dahulu adalah sifat maupun ciri-ciri, kemudian bagaimana penyelesaiannya,” ujar Khamidah di hadapan beberapa guru yang antusias dan bersemangat mengikuti pemaparan materi.

Sementara di Kelas C dengan narasumber Fatkhul Arifin dibahas materi matematika kelas tinggi, seperti Bangun Ruang, Perbandingan, dan Satuan Luas. Disampaikan pula trik cepat dan terbaru untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas.

Fatkhul menjelaskan dalam memahami materi satuan ada trik agar siswa mudah mengingat materi yang disampaikan.

“Buat singkatan seperti Km, Hm, dam, m, dm, cm, mm, kemudian dirubah menjadi Kucing Hitam Dari Medan, Desi Centil Mondar-Mandir, dan lain sebagainya,” jelas Fatkhul

Selain penyampaian konten matematika untuk guru kelas, para guru juga mengikuti post test dan diakhiri dengan evaluasi kegiatan untuk mengetahui pemahaman para guru setelah mengikuti workshop yang diadakaan Prodi PGMI dan diakhiri dengan foto bersama. (lrf/mf)

Share This