Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Guna memperkuat hubungan kerja sama bilateral antara Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia, Direktur Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta Bandar bin Sa’ad Al Alam mengadakan lawatan ke UIN Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Kunjungan Bandar yang didampingi sejumlah staf LIPIA itu diterima Rektor UIN Jakarta Amany Lubis di ruang rektor Gedung Rektorat. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga Lily Surayya Eka Putri dan Sekretaris Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah I dan Dosen Fakultas Syariah dan Hukum Supriadi Ahmad.

Bandar mengatakan sangat senang dapat berkunjung dan bersilaturahmi dengan Rektor UIN Jakarta. Ia mengaku baru pertama kali berkunjung ke UIN Jakarta sejak dua bulan memimpin LIPIA di Jakarta.

“Saya senang sekali dapat berkunjung ke UIN Jakarta dan bertemu dengan Rektor Prof Amany Lubis. Ini pertama kalinya saya berkunjung sejak bertugas di Jakarta memimpin LIPIA,” katanya.

Menurut Bandar, kunjungannya ke UIN Jakarta dan bertemu rektor selain membicarakan peningkatan kerja sama kedua lembaga juga memperkuat hubungan bilateral antara Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

Apalagi selama ini kerja sama LIPA dengan UIN Jakarta telah terjalin lama dan saling memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan Islam dan bahasa serta budaya Arab di Indonesia.

“Kami berharap hubungan kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. Saya juga sangat berterima kasih bahwa di UIN Jakarta kini sudah ada Arab Corner sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan dan budaya Arab,” ujarnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama sekira satu jam itu, Bandar juga banyak membicarakan mengenai upaya-upaya peningkatan keberadaan LIPA di Jakarta. Menurut dia, keberadaan LIPIA di Jakarta sudah cukup baik dan banyak warga negara Indonesia mendaftarkan diri untuk belajar.

Namun, ke depan ia ingin keberadaan LIPIA dapat berkembang lagi dan memperoleh dukungan secara luas dari pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Rektor Amany Lubis mengatakan, UIN Jakarta selama ini berperan sebagai pembina bagi LIPIA, baik secara kelembagaan maupun pengembangan programnya. Ia juga berharap kerja sama antara UIN Jakarta dan LIPIA dapat terus terjalin dengan baik dalam sama-sama memajukan ilmu pengetahuan Islam dan bahasa Arab di Indonesia.

“Insya Allah, UIN Jakarta selama ini selalu mendukung keberadaan LIPIA di Jakarta. Bahkan dengan Pemerintah Arab Saudi, kita juga memfasilitasi didirikannya Arab Corner di UIN Jakarta,” katanya. (ns)

Share This