Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online– Mahasiswa UIN Jakarta yang memiliki prestasi di empat kategori, akan diberikan penghargaan pada penghujung 2017 ini dalam Program Student Acievement Award (SAA) UIN Jakarta 2017.

Demikian disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kemahasiswaan dan Alumni Raden Trisno Riyadi MHum usai perhelatan Wisuda Sarjana 106 UIN Jakarta, Ahad (5/11/2017) di Uni Club Auditorium Harun Nasution.

“Pendaftaran akan dibuka pada Senin, 6 Nopember 2017 dan berakhir pada 30 Nopember 2017,” ujar Trisno.

Ini terbuka untuk semua mahasiswa, lanjut Trisno, baik lulusan yang baru diwisuda pada Wisuda 106 maupun mahasiswa yang masih aktif kuliah. Dijelaskannya, pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi form yang telah disediakan di website Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta.

“Formulir pendaftaran dan kategori penghargaan tercantum lengkap di web tersebut. Silahkan dibuka dan ajukan pendaftaran mulai Senin ini,” imbuh Trisno.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Biro Administrasi Akademik Drs Zaenal Arifin MPdI mengatakan bahwa selain pemberian penghargaan untuk kategori prestasi akademik dengan IPK tertinggi di setiap wisuda, UIN Jakarta juga memberikan penghargaan untuk prestasi non Akademik.

“Sekarang kita buka kembali pendaftaran untuk mahasiswa kategori prestasi non-akademik bertaraf nasional dan internasional dalam program SAA,”ujar Zaenal.

Dalam SAA ini, sambung Zaenal, ada empat kategori prestasi yang diberikan penghargaan, yaitu untuk kategori 1 meliputi kejuaraan, perlombaan, pertandingan, kompetisi tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok.

Selanjutnya kategori 2, yaitu karya kreatif, inovatif dan distinktif dalam berbagai bidang (seni, teknologi, karya tulis fiksi atau non-fiksi) perorangan atau kelompok, seperti pembuat aplikasi, penemuan, penulis buku (sudah diterbitkan dan ber-ISBN), pencetak rekor dan sebagainya.

Kemudian kategori 3, yaitu partisipasi aktif (pembicara, pemakalah, presentator, mentor, komite, trainer, konsultan) pada forum nasional atau internasional, perorangan atau kelompok. Prestasi best speaker, penampilan terbaik dan sebagainya masuk kategori ini.

Untuk kategori 4 meliputi aksi sosial, kemanusiaan, lingkungan dan pendidikan tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok, seperti relawan bencana nasional, dan kategori terakhir hafiz al-Quran 30 Juz.

“Informasi ini akan kita sebarkan ke fakultas-fakultas yang ada di lingkungan UIN Jakarta, tinggal menunggu hasilnya saja, kemudian kita rapatkan, setelah itu kita umumkan saat pelaksanaan wisuda selanjutnya (Wisuda 107 –red.) dan dalam acara Apresiasi Mahasiswa Berprestasi,” terang Zaenal.

Zaenal menginformasikan, bagi mahasiswa yang memiliki berbagai prestasi non-akademik, silahkan segera mendaftar secara online. Informasi lengkapnya klik di website Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta (http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id).

Anggaran kita untuk program penghargaan SAA ini masih banyak, silahkan yang memiliki prestasi non akademik segera mendaftarkan diri,” pungkas Zaenal. (mf)

Share This