Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta memperpanjang masa pendaftaran calon mahasiswa baru jalur SPMB Mandiri tahun akademik 2019/2020. Hal itu dilakukan guna memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa baru mendaftar di jalur tersebut.

“Pendaftaran jalur SPMB Mandiri diperpanjang hingga 24 Mei 2019 pukul 23.59 WIB,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Zulkifli kepada BERITA UIN Online di kantornya, Kamis (16/5/2019).

“Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan untuk membuka kesempatan kepada masyarakat memilih jalur SPMB Mandiri,” lanjutnya.

Menurut Zulkifli, masa pendaftaran mahasiswa baru jalur SPMB Mandiri semula akan ditutup pada Jumat (17/5/2019) besok. Namun, karena masih banyaknya peminat, masa pendaftaran diperpanjang hingga 24 Mei 2019.

Pendaftaran jalur SPMB Mandiri dibuka sejak 22 April 2019 melalui sistem online. Jalur ini menawarkan sebanyak 56 program studi di 12 fakultas, baik yang bersifat keagamaan maupun umum.

Jalur SPMB Mandiri merupakan sistem ujian masuk UIN Jakarta yang dilakukan secara lokal atau mandiri. Jalur ini terbuka untuk semua lulusan SMA/MA/SMK/Pesantren tahun lulus 2017, 2018, dan 2019.

Biaya pendaftaran masuk UIN Jakarta jalur SPMB Mandiri sebesar Rp 300.000. Biaya dibayar langsung melalui salah satu dari empat bank mitra, yakni Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Cara mendaftarnya adalah dengan membuka laman spmb.uinjkt.ac.id dan kemudian mengklik “generate”. Setelah terbuka, calon peserta mengisi data ringkas berupa kewarganegaraan, jenjang program, nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, dan alamat email.

Setelah terisi, pendaftar lalu memberi tanda checklist pada kolom pernyataan setuju berwarna kuning dan kemudian klik ok. Menu kode bayar pun akan tampil di layar disertai ID dan PIN pendaftar.

Kode bayar digunakan sebagai pengganti rekening bank untuk semua bank mitra. Sedangkan ID dan PIN digunakaan untuk login daftar (mengisi biodata lengkap) sesaat setelah melakukan pembayaran. (ns)

Share This