Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) tahun akademik 2021/2022 akan dibuka resmi pada 19 Februari-15 Maret 2021.  Melalui jalur ini calon mahasiswa tidak dikenakan biaya pendaftaran alias ditanggung pemerintah.

Dilansir dari laman span-ptkin.ac.id, Jumat (15/1/2021), proses pendaftaran calon mahasiswa diawali dengan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) yang mulai dibuka pada 19 Januari-17 Februari 2021. Setelah itu data akan diverifikasi oleh panitia di waktu yang sama sesuai unggahan.

Setelah selesai dilakukan verifikasi, panita menyilakan kepada siswa untuk mendaftar secara online sesuai jadwal pedaftaran yang sudah ditentukan.

Sementara proses seleksinya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 19-23 Maret 2021
dan tahap kedua pada 25-29 Maret 2021. Sedangkan pengumuman hasil kelulusan SPAN-PTKIN dilakukan pada 5 April 2021.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama. Adapun biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Ketentuan lainnya, dalam sistem ini setiap calon mahasiswa dapat memilih dua PTKIN yang diminati atau memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN. Urutan pilihan PTKIN dan program studi dinyatakan sebagai prioritas pilihan. (ns)

Share This