Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Pendaftaran seleksi masuk Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) hari ini berakhir. Karena itu calon mahasiswa baru yang belum melakukan pendaftaran dan pembayaran diminta untuk menyelesaikan kewajiban tersebut hingga pukul 23.59 WIB.

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (25/11/2021). Masa pendaftaran calon mahasiswa baru Prodi Profesi Apoteker yang dibuka sejak 22 November lalu terbuka untuk semua lulusan Farmasi.

Syarat utama yang harus dipenuhi di antaranya memiliki IPK minimal 2,5 untuk lulusan Farmasi FIK UIN Jakarta dan IPK minimal 3,0 untuk lulusan Farmasi dari perguruan tinggi lain. Syarat lainnya calon peserta harus memiliki sertifikat TOEFL dengan skor 450 yang masih berlaku dalam dua tahun terakhir.

Hingga berita ini ditulis, belum diperoleh angka berapa jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi Prodi Profesi Farmasi tersebut. Sementara jumlah kuota yang disediakan berkisar antara 50-70 peserta per semesternya.

Menurut keterangan pers yang dikutip dari laman fikes.uinjkt.ac.id, tes seleksi masuk akan digelar pada 30 November 2021 secara online atau di rumah masing-masing.

Sedangkan mengenai kelulusan akan dilakukan melalui website Fikes pada awal Januari 2022 dan perkuliahan dimulai pada awal Februari 2022.

Prodi Profesi Apoteker didirikan pada tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 183/KPT/I/2015 pada tanggal 11 Desember 2015. Persiapan pendirian Prodi tersebut telah dimulai sejak keluarnya akreditasi B pada 24 Agustus 2013.

Tujuan pendirian Prodi Profesi Apoteker adalah untuk menghasilkan lulusan para apoteker muslim yang memiliki integritas keislaman dalam menjalankan profesi kefarmasian, mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional serta mampu menerapkan aspek kehalalan di bidang farmasi. (ns)

Share This